SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Tidak Boleh Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat

Kamis, 07 September 2017 16:00 by zia92 | 4202 hits
Alasan Tidak Boleh Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat
Image source: gapyear.com

DREAMERS.ID - Tidur saat pesawat lepas landas atau mendarat mungkin pernah dialami sebagian orang. Namun sebaiknya hal ini tidak dijadikan kebiasaan. Karena menurut sejumlah peneliti, tidur saat pesawat take off atau landing bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Dilansir dari New York Times, ketika pesawat naik ke udara atau pun turun, tekanan udara di kabin berubah secara cepat mengikuti ketinggian, dan jika tubuh tidak siap beradaptasi, hal tersebut bisa merusak gendang telinga.

Pakar kesehatan Inggris, Angela Chalmers menjelaskan, “Sebuah perubahan cepat di ketinggian berdampak pada tekanan udara di telinga. Ini menyebabkan kekosongan di tabung Eustachian yang membuat telinga terasa seperti tersumbat dan tidak terdengar suara.” Oleh karena itu, Chalmers menyarankan untuk tidak tidur selama lepas landas dan mendarat karena untuk mengurangi resiko tersebut.

Baca juga: Alasan Unik Mengapa Wanita Doyan Ngemil dan Jadi Pemalas Saat PMS

Berdasarkan keterangan di situs MedlinePlus, sebuah situs informasi yang dikelola US National Library of Medicine, jika telinga tetap tersumbat maka bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti pusing, infeksi di telinga, gendang telinga rusak dan yang lebih parah adalah telinga berdarah dan kehilangan pendengaran.

Berusaha tetap terjaga selama lepas landas dan mendarat membuat telinga mengimbangkan tekanan udara di dalam gendang telinga. “Menelan atau menguap membuka tabung Eustachian dan membuat udara mengalir masuk dan keluar ke bagian tengah telinga. Ini membantu mengimbangi tekanan udara di masing-masing gendang telinga,” tulis MedlinePlus, mengutip Kompas.

“Jika tabung Eustachian tersumbat, tekanan udara di bagian tengah telinga berbeda dengan tekanan di bagian luar gendang telinga.” Nah, agar tidak mengantuk pada situasi kritis tersebut, atasi dengan mengunyah permen karet, minum air putih hingga makan permen lolipop.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sajian latte art memang tengah populer khususnya di zaman milineal seperti saat ini. Meski sama sama mengusung konsep yang menggunakan seni sebagai topping di atas secangkir kopi, namun belakangan ini telah muncul inovasi kreasi latte art yang makin menggemaskan....
  • HOT !
    Untuk memenangkan hati para fans lewat penampilan di Emmy Awards 2017, sejumlah selebriti memang harus tampil serasi dengan busana yang dipilih. Melihat tren busana atau make up menjadi sebuah keharusan untuk tampil maksimal....
  • HOT !
    Tidak sedikit orang yang menyukai film bergenre horor.  Di Indonesia pun film yang mengangkat cerita tentang makhluk alam lain ini cukup laris di bioskop bioskop. Selain menonton di bioskop, tidak sedikit orang menonton film horor sendirian di rumah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : detii0730
Cast : Miss A Suzy, EXO Baekhyun, EXO Chanyeol, EXO Sehun, Miss A Min, 2PM Wooyoung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)