SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Selfie Kini Bisa Deteksi Penyakit Kanker?

Minggu, 03 September 2017 18:00 by reinasoebisono | 1932 hits
Wah, Selfie Kini Bisa Deteksi Penyakit Kanker?
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Kegiatan swafoto atau selfie kini sudah dianggap lumrah bahkan ‘wajib’ di berbagai kesempatan. Tak sedikit selfie sering dianggap hal negatif ketimbang memberi manfaat. Tak sedikit pula kecelakaan yang terjadi saat tengah mengambil selfie.

Namun baru-baru ini, para ilmuwan mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mendeteksi kanker hanya dengan berfoto selfie. Terfokus pada kanker pankreas, ternyata aplikasi satu ini juga bisa mendeteksi penyakit lainnya.

Mengutip Viva, salah satu gejala awal kanker pankreas serta beberapa penyakit lainnya adalah perubahan warna kuning pada kulit dan mata. Hal ini terjadi karena penumpukan bilirubin pada darah. Sayangnya, kadang gejala ini belum bisa dideteksi dengan mata telanjang.

Baca juga: Detik-detik Bersejarah Kim Jong Un Foto Selfie Pertama Kali di Ranah Publik di Singapura!

Karena itu dikembangkan aplikasi bernama BiliScreen yang dikembangkan peneliti Universitas Washington, Amerika menggunakan kamera smartphone, algoritma penglihatan komputer dan alat belajar mesin untuk mendeteksi kadar bilirubin dari sklera atau bagian putih mata seseorang.


Image source: Gizlogic

Sistem penglihatan komputer pun secara otomatis dan efektif mengisolasi bagian putih mata dan menghitung informasi sklera berdasarkan panjang gelombang cahaya yang tercermin dan diserap untuk menghubungkan tingkat bilirubin.

Tujuannya adalah agar makin banyak orang yang mengidap kanker pankreas atau penyakit kuning lainnya mampu mendeteksi sejak dini untuk menjalani perawatan atau pun operasi yang memberi mereka kesempatan bertahan dan dihup yang lebih baik.

(rei)

  • HOT !
    Oraganisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) resmi menghapus transgender dari golongan penyakit mental pada Senin (18/6). Kondisi ketidaksesuaian gender tersebut kini masuk ke dalam kategori 'kondisi yang berkaitan dengan kesehatan seksual’ setelah sebelumnya diklasifikasikan dalam 'gangguan mental, perilaku, dan perkembangan saraf'....
  • HOT !
    Sementara beberapa daerah melakukan serangkaian program dan cara untuk menekan meningkatnya populasi atau kepadatan penduduk, di satu lokasi unik ini justru meminta orang untuk pindah ke areanya, bahkan diberi uang yang tidak sedikit!...
  • HOT !
    Mudik kekinian tak melulu harus lelah, capek dan bermacet ria. Karena pilihan layanan khusus kereta wisata telah ada dan langsung jadi favorit masyarakat. Terbukti dengan ludesnya terjual tiket kereta wisata untuk para pemudik yang jadi tren....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)