SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Facebook Disebut Ikut Tanggung Jawab Soal Konten Kebencian yang Dibuat Saracen

Senin, 28 Agustus 2017 11:25 by zia92 | 1315 hits
Facebook Disebut Ikut Tanggung Jawab Soal Konten Kebencian yang Dibuat Saracen
Image source: polri.go.id

DREAMERS.ID - Kasus penangkapan kelompok penyebar kebencian dengan konten SARA dan hoax di media sosial bernama Saracen masih terus didalami oleh pihak kepolisian. Terlebih sindikat ini memasang tarif puluhan juta bagi pihak-pihak yang ingin memesan konten.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah atau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) adalah berkoordinasi dengan Facebook yang disebut ikut bertanggung jawab karena Saracen memanfaatkan Facebook sebagai salah satu media untuk menyebarkan konten kebencian dan berita hoax yang mereka buat.

"Kami tentu koordinasi dengan Facebook, karena tanggung jawab case ini katakanlah Saracen itu tidak hanya masyarakat, penegak hukum, bukan hanya Kominfo tapi juga penyelenggara platfrom punya tanggung jawab bahwa hoax, fake news harus di-addres," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengutip CNN Indonesia, Minggu (27/8).

Baca juga: Punya 'Sniper', Begini Beda Kelompok Penyebar Hoax 'Family MCA' dan 'Saracen' yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, kata Rudiantara, Facebook yang menjalankan bisnis dan memanfaatkan pasar Indonesia juga bertanggung jawab menjaga stabilitas ekonomi, politik, dan keamanan di Indonesia. "Kalau enggak bertanggung jawab jangan bisnis di Indonesia," ujarnya.

Rudiantara mengatakan bahwa Kominfo dan kepolisian sebenarnya sudah mendeteksi Saracen sejak lama. Namun, karena akun yang digunakan selalu berganti maka perlu diperiksa dengan seksama oleh kepolisian. "Kominfo membantu menyediakan informasi, kalau harus di-take down (blokir) akunnya, ya di-take down (blokir) tapi ini seperti hit and run, take down (blokir) muncul di tempat lain lagi," tuturnya.

Ke depan, Rudiantara berharap penyelidikan yang dilakukan kepolisian tidak hanya sebatas pada pengelola grup Saracen, tetapi juga bisa mengungkap aktor di balik grup Saracen itu dan para pemberi order atau pemesan di grup Saracen. "Kalau enggak, sampah-sampah konten negatif banyak di Indonesia," ucap Rudiantara.

(fzh)

  • HOT !
     Billboard Music Awards 2018 baru saja selesai diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Ajang penghargaan musik ini dipandu oleh penyanyi jebolan American Idol, Kelly Clarkson. Ini adalah pertama kalinya Kelly mendapat kepercayaan menjadi presenter....
  • HOT !
    Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu saat bulan puasa memang wajib hukumnya bagi umat Muslim. Namun kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk melakukan ‘puasa’ lainnya, seperti puasa memakai gadget....
  • HOT !
    Tak hanya sebagai kewajiban umat Muslim saat Ramadhan tiba, menjalani ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh secara alami....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)