SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Merasa Cemas dan Stres Saat Kembali ke Dunia Nyata Usai Liburan

Kamis, 24 Agustus 2017 15:10 by zia92 | 1263 hits
Alasan Merasa Cemas dan Stres Saat Kembali ke Dunia Nyata Usai Liburan
Image source: Flight Network

DREAMERS.ID - Seseorang melakukan perjalanan liburan untuk menghilangkan stres dan membuat pikiran kembali fresh dari penatnya aktivitas sehari-hari. Namun usai liburan dan kembali beraktivitas, rasa cemas dan stres justru melanda bahkan membuat malas.

Dilansir dari Huffington Post, perasaan stres pascaliburan atau disebut juga dengan post-vacation blues adalah hal yang normal dialami setelah kita mengalami kegembiraan liburan. "Kembali ke dunia nyata, menghadapi pekerjaan yang menumpuk setelah ditinggal liburan, akan menyebabkan sensasi kecemasan, bahkan kesedihan yang bisa mengurangi manfaat liburan yang sudah kita dapatkan," kata psikolog Dr.Josh Klapow, mengutip Kompas.

Salah satu pemicu stres itu adalah karena kita jarang berlibur sehingga tidak punya strategi untuk kembali menyesuaikan diri dengan rutinitas sepulang liburan. Efek tidak nyaman setelah liburan itu terkadang membuat orang jadi malas mengambil cuti dan berlibur.

Menurut Klapow, masalahnya bukan pada liburan, tetapi pada cara kita menghadapinya. "Jika dilakukan dengan benar, berlibur bisa mengurangi stres, meremajakan kembali tubuh dan pikiran, serta mengisi ulang bateri emosional saat kembali bekerja," katanya.

Baca juga: Psikolog Sebut Pura-pura Sakit untuk Tujuan Tertentu Termasuk Gangguan Mental

Kuncinya adalah membuat rencana liburan yang santai dan transisi halus sebagai persiapan kembali bekerja. Sebelum mengambil cuti agak panjang untuk berlibur, usahakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang butuh upaya lebih, misalnya menyelesaikan proposal, merespon email penting, atau menyusun janji pertemuan.

Dan saat liburan, cobalah tidak memikirkan pekerjaan yang membuat stres dengan cara tidak terus-terusan melihat email. Cukup luangkan waktu 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore hari untuk mengecek email atau menelepon balik. Strategi ini membantu tetap terhubung dengan pekerjaan tetapi tidak merasa didominasi.

Untuk menciptakan transisi yang lancar, pesanlah tiket pulang beberapa hari sebelum masa cuti berakhir. Dengan begitu kamu punya waktu untuk memulihkan diri, membereskan pakaian kotor, dan juga kembali menyesuaikan diri dengan aktivitas harian.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Saat ini Android masih menjadi sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia. Namun karena sifatnya yang terbuka dan bisa dengan bebas dikembangkan oleh pabrikan gadget manapun, terjadi fragmentasi di mana versi OS yang dijalankan oleh masing masing perangkat berbeda beda....
  • HOT !
    Kevin Liliana, wanita 21 tahun kelahiran Bandung ini baru saja mengukir prestasi dengan membawa nama Indonesia maju sebagai pemenang di ajang Miss International 2017 di Jepang. Kemenangan yang dibawa Kevin ini pun merupakan kali pertama kemenangan Indonesia dalam ajang tersebut....
  • HOT !
    Tahun 2017 belum berakhir, tapi Korea Selatan sudah menancapkan ‘taringnya’ di dunia pariwisata mancanegara. Terbukti dengan negara berjulukan Negeri Gingseng ini mendapat predikat lokasi wisata terbaik tahun 2018....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)