SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Merasa Cemas dan Stres Saat Kembali ke Dunia Nyata Usai Liburan

Kamis, 24 Agustus 2017 15:10 by zia92 | 1285 hits
Alasan Merasa Cemas dan Stres Saat Kembali ke Dunia Nyata Usai Liburan
Image source: Flight Network

DREAMERS.ID - Seseorang melakukan perjalanan liburan untuk menghilangkan stres dan membuat pikiran kembali fresh dari penatnya aktivitas sehari-hari. Namun usai liburan dan kembali beraktivitas, rasa cemas dan stres justru melanda bahkan membuat malas.

Dilansir dari Huffington Post, perasaan stres pascaliburan atau disebut juga dengan post-vacation blues adalah hal yang normal dialami setelah kita mengalami kegembiraan liburan. "Kembali ke dunia nyata, menghadapi pekerjaan yang menumpuk setelah ditinggal liburan, akan menyebabkan sensasi kecemasan, bahkan kesedihan yang bisa mengurangi manfaat liburan yang sudah kita dapatkan," kata psikolog Dr.Josh Klapow, mengutip Kompas.

Salah satu pemicu stres itu adalah karena kita jarang berlibur sehingga tidak punya strategi untuk kembali menyesuaikan diri dengan rutinitas sepulang liburan. Efek tidak nyaman setelah liburan itu terkadang membuat orang jadi malas mengambil cuti dan berlibur.

Menurut Klapow, masalahnya bukan pada liburan, tetapi pada cara kita menghadapinya. "Jika dilakukan dengan benar, berlibur bisa mengurangi stres, meremajakan kembali tubuh dan pikiran, serta mengisi ulang bateri emosional saat kembali bekerja," katanya.

Baca juga: Alasan Mengapa Mengurangi Karbohidrat Bukan Cara Terbaik untuk Diet

Kuncinya adalah membuat rencana liburan yang santai dan transisi halus sebagai persiapan kembali bekerja. Sebelum mengambil cuti agak panjang untuk berlibur, usahakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang butuh upaya lebih, misalnya menyelesaikan proposal, merespon email penting, atau menyusun janji pertemuan.

Dan saat liburan, cobalah tidak memikirkan pekerjaan yang membuat stres dengan cara tidak terus-terusan melihat email. Cukup luangkan waktu 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore hari untuk mengecek email atau menelepon balik. Strategi ini membantu tetap terhubung dengan pekerjaan tetapi tidak merasa didominasi.

Untuk menciptakan transisi yang lancar, pesanlah tiket pulang beberapa hari sebelum masa cuti berakhir. Dengan begitu kamu punya waktu untuk memulihkan diri, membereskan pakaian kotor, dan juga kembali menyesuaikan diri dengan aktivitas harian.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ramyeon salah satu jenis mie instan yang memang menjadi kuliner populer dari Korea Selatan. Selain karena lezat, makanan instan ini pun dengan mudah untuk dibeli dan dinikmati. Ramyeon bahkan telah didistribusikan ke negara negara lain sehingga makin banyak orang termasuk kita yang tinggal di Indonesia menyukainya....
  • HOT !
    Sejak Desember 2017 lalu, santer beredar kabar bahwa bintang Brasil, Neymar telah membuka peluang dirinya akan bergabung dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Manajemen klub berjuluk Los Blancos itu diberitakan sejumlah media Spanyol sudah melakukan pertemuan awal dengan pihak Neymar....
  • HOT !
    Menyambut tahun yang baru, kamu juga bisa memperbaharui penampilanmu, salah satunya dengan mengganti model gaya rambut. Tahun 2018 ini, ada tren gaya rambut yang sedang hits di kalangan para selebriti Hollywood, nih. Yup! Potongan rambut blunt cut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)