SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tertarik Coba Diet Gula yang Lebih Menyehatkan Ini?

Kamis, 24 Agustus 2017 07:00 by zia92 | 1489 hits
Tertarik Coba Diet Gula yang Lebih Menyehatkan Ini?
Image source: shape.com

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi gula berlebih memang terbukti memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun karena efeknya tidak langsung terlihat atau baru terasa dalam jangka panjang, banyak orang yang mengabaikan bahaya gula.

Untuk mengetahui dampak langsung dari gula terhadap kesehatan, Profesor Pediatri di Divisi Endokrinologi di University of California, San Francisco Robert Lustig, MD melakukan penelitian langsung pada responden remaja.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity ini hanya berlangsung selama 10 hari. Walau singkat, namun penelitian ini sukses menunjukkan bahwa mengurangi gula tambahan secara dramatis dapat meningkatkan status kesehatan walau hanya dalam beberapa hari. Lustig berharap, penelitian ini dapat memberikan bukti yang lebih nyata tentang bahaya gula berlebih. “Kalori dari gula adalah yang terburuk, kami membuktikannya,” katanya.

Baca juga: Hindari Terserang Penyakit Saat Mudik, Simak Tips Pencegahannya!

Dalam penelitiannya, para periset mengubah jenis makanan responden selama sembilan hari, mengganti makanan ringan dan minuman yang mengandung gula tambahan seperti yogurt manis, jus kemasan, kue kering, dan sereal manis, dengan hot dog, bagel, buah, dan pizza. “Kadar gula dalam kedua pola makan tadi sebenarnya sama, hanya saja saat anak-anak makan buah, tidak ada gula tambahan seperti yang terdapat dalam jus kemasan,” jelas Lustig.

Lustig mengatakan hasil diet gula sangat mencolok. Meski responden makan dengan jumlah kalori yang sama, hanya menghilangkan gula tambahan dari makanan dan minuman, mampu memperbaiki hampir semua area kesehatan metabolik, seperti tekanan darah rendah, kolesterol LDL (kolesterol buruk), kadar gula darah, insulin, dan tes fungsi hati membaik.

Meski eksperimen ini dirancang bukan untuk menurunkan berat badan, responden mengatakan kepada periset bahwa mereka merasa lebih cepat kenyang selama menjalani diet rendah gula ini. Temuan ini menjadi indikasi yang jelas bahwa pembatasan gula tambahkan dalam makanan dan minuman keluarga sangatlah penting untuk meningkatkan kesehatan, termasuk mempengaruhi bagaimana tubuh merasakan hasrat dan isyarat kenyang. 

(fzh/MSN/Kompas)

  • HOT !
    Bakat menyanyi dan menari untuk seorang idola K Pop memang seolah wajib untuk dimiliki. Namun, selain itu, bakat bertahan hidup sendiri dalam sebuah asrama pun tak boleh diabaikan. Mulai dari mencuci pakaian, membersihkan asrama hingga menyiapkan makanan sendiri pun perlu dilakukan para seleb Korea....
  • HOT !
    Ada yang kurang rasanya ketika liburan di Batam namun belum mencoba sajian kuliner setempat. Selain memiliki tempat wisata kota yang dinamis dan wisata alam dengan pantai pantai yang indah, Batam juga kaya akan ragam kuliner. Beragam jenis kuliner seperti mie dan aneka olahan makanan laut yang lezat adalah andalan kuliner dari...
  • HOT !
    Maskapai nasional negeri tetangga, Singapore Airlines menjadi pembeli pertama pesawat Boeing 787 10 Dreamliner terbaru. Yang menakjubkan, pesawat ini diisi oleh interior kelas bisnis yang super mewah dan memukau....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)