home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Berbagai Jenis Rasa Lapar Sebelum Langsung Menyantap Makanan

Senin, 14 Agustus 2017 11:00 by fzhchyn | 1710 hits
Mengenal Berbagai Jenis Rasa Lapar Sebelum Langsung Menyantap Makanan
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Bagi kebanyakan orang, rasa lapar adalah sebuah misteri yang sulit dipecahkan. Terkadang kita masih merasa lapar meskipun sudah mengkonsumsi makanan berat dalam waktu yang mungkin belum terlalu lama.

Membedakan rasa lapar karena memang butuh asupan makanan dengan lapar hanya karena nafsu semata memang sulit dibedakan. Untuk itu, akan lebih baik bila kita mengenali jenis rasa lapar agar dapat mengendalikannya, seperti yang dilansir dari laman Health berikut.

1. Lapar sesungguhnya

Menurut Susan Albers, PysD, penulis 'EatQ', rasa lapar yang sebenarnya bisa menyebabkan perubahan kondisi tubuh seperti menurunkan gula darah, menyebabkan sakit kepala, tidak berenergi, atau perut berbunyi.

Sayangnya, banyak orang menunggu hingga rasa lapar datang menghampiri. Barulah setelah itu menyantap makanan dengan porsi yang besar, atau yang biasa disebut ‘kalap’. Nah, untuk mengatasinya, sediakanlah camilan sehat di tas atau laci meja kerja.

2. Lapar saat menonton TV

Dalam American Journal of Clinical Nutrition disebutkan bahwa makan sembil melakukan aktivitas lain, termasuk menonton TV membuat kita mengasup kalori lebih banyak. Solusinya, carilah kegiatan lain untuk menyibukkan tangan. Selain itu, gantilah ke saluran TV lain ketika muncul sebuah iklan makanan, hal ini dapat menekan nafsu kita untuk makan.

3. Lapar karena bosan

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Tidak tahu harus melakukan apa saat rasa bosan menyergap bisa memicu seseorang lebih sering memeriksa dapur atau kulkas. Untuk itu, carilah aktivitas yang disukai saat rasa bosan itu tiba seperti membaca buku atau sekadar bermain bersama hewan peliharaan.

4. Lapar di sore hari

Menjelang sore hari biasanya energi akan menurun. Namun, kita harus tetap berkonsentari hingga akhir jam kerja. Nah, untuk mengatasinya, siapkanlah camilan sehat yang mendangdung protein tinggi. Seperti kacang, keju, atau yoghurt. Camilan berprotein ini membantu tubuh tahan terhadap lapar hingga makan malam.

5. Lapar karena stres

Stres cenderung membuat seseorang tak menjadi pemilih terhadap makanan sehingga sembarangan dalam memilih makanan. Cara mengatasi hal ini bukan pada makanan melainkan bagaimana mengusir stres itu sendiri dengan olahraga atau meditasi.

6. Lapar mata

Ini adalah jenis lapar yang paling banyak dialami orang. Sebelum mengambil makanan karena menarik mata, pikirkan lagi apakah makanan tersebut benar-benar akan dimakan atau tidak. Jika porsinya sedikit mungkin tidak masalah, namun ijka terus menerus dilakukan, hal ini dapat berpotensi menaikkan berat badan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)