SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Telegram, Ternyata Ini Media Sosial dengan Konten Negatif Terbanyak di Indonesia

Sabtu, 12 Agustus 2017 15:00 by zia92 | 5935 hits
Bukan Telegram, Ternyata Ini Media Sosial dengan Konten Negatif Terbanyak di Indonesia
Image source: Business 2 Community

DREAMERS.ID - Layanan pesan instan Telegram sempat diblokir pemerintah Indonesia karena ditemukan adanya konten negatif berbau radikalisme dan terorisme. Namun jika dibandingkan media sosial lainnya, Telegram ternyata bukan yang terbanyak mengandung konten negatif.

Media sosial apapun memang menjadi tempat bersarangnya konten-konten negatif, yang dalam konteks ini seperti pornografi, radikalisme, terorisme, SARA, hingga penipuan online. Berdasarkan laporan masyarakat melalui email dan juga pemantauan kementerian lembaga di dunia maya selama separuh 2017, jumlahnya bisa ribuan aduan.

Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyempitkan jumlahnya karena bisa saja aduan tersebut sama. Alhasil, Kominfo paling banyak mengajukan penurunan (take down) di Facebook. Setidaknya ada 237 konten negatif di media sosial terpopuler sejagat itu yang diajukan untuk diturunkan.

Baca juga: Yuk Flashback Momen 2017 Terpopuler dengan #2017BestNine di Instagram!

Di posisi berikutnya secara berurutan ditempati oleh Instagram 117 konten, YouTube 73 konten, Twitter 53 konten, dan Telegram 45 konten. Perlu jadi catatan, 237 konten di Facebook tersebut tak selalu menyangkut dengan akun saja, tapi juga berkaitan dengan gambar atau video yang dinilai terlarang untuk diakses di Indonesia.

"Belum tentu akun tapi gambar juga. Instagram itu lebih ke konten, kalau YouTube itu pasti video, kalau Twitter itu yang diajukan akun sehingga sedikit jumlahnya, dan Telegram lebih ke saluran publik yang diturunkan," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza di Jakarta, Kamis (10/8).

(fzh/Detik)

Komentar
  • HOT !
    Terdapat banyak pilihan yang dirancang untuk memenuhi semua jenis anggaran dan kebutuhan wisatawan di Kota Tokyo, Jepang. Sebagian besar pelancong, pasti tahu mengenai hotel kapsul. Namun, belakangan ini terdapat sebuah tren baru berupa tempat multi fungsi yang nyaman dijadikan tempat menginap, terutama bagi kamu pecinta buku....
  • HOT !
    Ayam goreng dengan warna cokelat keemasan memang selalu berhasil menarik perhatian orang untuk segera menyantapnya. Namun, belakangan ternyata muncul ayam goreng berwarna lain yang tak kalah menarik dan tengah jadi hits di Jepang. Apa itu?...
  • HOT !
    Siapa bilang musim dingin harus identik dengan yang menggigil dan aktivitas outdoor? Di Korea, selain wahana atau lokasi ski dan salju, lokasi lokasi spa yang panas juga jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)