SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:00 by zia92 | 3116 hits
Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil
Image source: verywell.com

DREAMERS.ID - Mengganjal perut di sela-sela jam makan alias ngemil memang sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Karena sudah bisa dilakukan setiap hari, kita mungkin tidak sadar kalau kebiasaan ngemil ini merupakan dampak dari perilaku kurang sehat lainnya, yaitu kurang tidur.

Ya, seperti diungkapkan oleh sejumlah peneliti dari Universitas Chicago, orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih merasa lapar. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal 'SLEEP', mereka yang kurang tidur akan lebih memilih makanan ringan tinggi lemak, camilan yang manis atau asin, seperti keripik, permen, dan biskuit.

"Kurang tidur meningkatkan sistem endocannabinoid, yaitu senyawa kimia yang sama dengan bahan aktif ganja, untuk meningkatkan keinginan makan," ujar dokter Erin Hanlon dari Universitas Chicago seperti dikutip dari The Telegraph.

Baca juga: Beberapa Jajanan Masa Kecil Populer di Kalangan Generasi 90an

Nah akibat kurangnya jam tidur ini, seseorang menjadi tak bisa menahan makanan lezat dan makanan tinggi kalori meskipun tubuh sudah mendapatkan kebutuhan kalori sebanyak 90% dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan paling kuat di sore hari. Meski telah makan besar dua jam sebelumnya, orang yang kurang tidur masih merasa kelaparan.

Keinginan untuk makan meningkat secara signifikan dan mereka jadi sulit mengontrol kebiasaan itu. Bahayanya, mereka cenderung lebih memilih 50% makanan tinggi kalori atau total lemak dua kali lipat. Kebiasaan ngemil inilah yang akhirnya meningkatkan berat badan. Tak heran jika kurang tidur dan obesitas memiliki hubungan yang erat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Terdapat banyak pilihan yang dirancang untuk memenuhi semua jenis anggaran dan kebutuhan wisatawan di Kota Tokyo, Jepang. Sebagian besar pelancong, pasti tahu mengenai hotel kapsul. Namun, belakangan ini terdapat sebuah tren baru berupa tempat multi fungsi yang nyaman dijadikan tempat menginap, terutama bagi kamu pecinta buku....
  • HOT !
    Ayam goreng dengan warna cokelat keemasan memang selalu berhasil menarik perhatian orang untuk segera menyantapnya. Namun, belakangan ternyata muncul ayam goreng berwarna lain yang tak kalah menarik dan tengah jadi hits di Jepang. Apa itu?...
  • HOT !
    Siapa bilang musim dingin harus identik dengan yang menggigil dan aktivitas outdoor? Di Korea, selain wahana atau lokasi ski dan salju, lokasi lokasi spa yang panas juga jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)