SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:00 by zia92 | 3085 hits
Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil
Image source: verywell.com

DREAMERS.ID - Mengganjal perut di sela-sela jam makan alias ngemil memang sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Karena sudah bisa dilakukan setiap hari, kita mungkin tidak sadar kalau kebiasaan ngemil ini merupakan dampak dari perilaku kurang sehat lainnya, yaitu kurang tidur.

Ya, seperti diungkapkan oleh sejumlah peneliti dari Universitas Chicago, orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih merasa lapar. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal 'SLEEP', mereka yang kurang tidur akan lebih memilih makanan ringan tinggi lemak, camilan yang manis atau asin, seperti keripik, permen, dan biskuit.

"Kurang tidur meningkatkan sistem endocannabinoid, yaitu senyawa kimia yang sama dengan bahan aktif ganja, untuk meningkatkan keinginan makan," ujar dokter Erin Hanlon dari Universitas Chicago seperti dikutip dari The Telegraph.

Baca juga: Mencicipi Camilan Manis Ala Korea Selatan, Delimanjoo!

Nah akibat kurangnya jam tidur ini, seseorang menjadi tak bisa menahan makanan lezat dan makanan tinggi kalori meskipun tubuh sudah mendapatkan kebutuhan kalori sebanyak 90% dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan paling kuat di sore hari. Meski telah makan besar dua jam sebelumnya, orang yang kurang tidur masih merasa kelaparan.

Keinginan untuk makan meningkat secara signifikan dan mereka jadi sulit mengontrol kebiasaan itu. Bahayanya, mereka cenderung lebih memilih 50% makanan tinggi kalori atau total lemak dua kali lipat. Kebiasaan ngemil inilah yang akhirnya meningkatkan berat badan. Tak heran jika kurang tidur dan obesitas memiliki hubungan yang erat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Satu lagi pagelaran busana yang memamerkan koleksi terbaru para desainer asal Korea Selatan kembali digelar. ‘2017 Fall/Winter Seoul Fashion Week’ yang akan berlangsung selama lima hari di Dongdaemun Plaza sudah dihadiri oleh sederet selebriti ternama termasuk pada boy group....
  • HOT !
    Laporan mengejutkan datang dari peneliti siber asal Belgia, Mathy Vanhoef dan Frank Piessens dari Universitas KU Leuven. Mereka mmeperingatkan para pengguna jaringan nirkabel atau Wi Fi untuk berhati hati terhadap serangan hacking atau peretasan....
  • HOT !
    Pena digital Stylus merupakan salah satu alat yang dibenci mendiang Steve Jobs, salah satu pendiri Apple. Namun perusahaan teknologi tersebut dirumorkan akan melengkapi iPhone 11 di tahun 2019 mendatang dengan Stylus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Jeon Jungkook(BTS), Jeon Heejin(Loona), Jeon Wonwoo, Mingyu(seventeen) Bae Yoobin(OMG), Doyeon(IOI)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)