SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:00 by zia92 | 2841 hits
Fakta Kesehatan di Balik Kebiasaan Doyan Ngemil
Image source: verywell.com

DREAMERS.ID - Mengganjal perut di sela-sela jam makan alias ngemil memang sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Karena sudah bisa dilakukan setiap hari, kita mungkin tidak sadar kalau kebiasaan ngemil ini merupakan dampak dari perilaku kurang sehat lainnya, yaitu kurang tidur.

Ya, seperti diungkapkan oleh sejumlah peneliti dari Universitas Chicago, orang-orang yang kurang tidur cenderung lebih merasa lapar. Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal 'SLEEP', mereka yang kurang tidur akan lebih memilih makanan ringan tinggi lemak, camilan yang manis atau asin, seperti keripik, permen, dan biskuit.

"Kurang tidur meningkatkan sistem endocannabinoid, yaitu senyawa kimia yang sama dengan bahan aktif ganja, untuk meningkatkan keinginan makan," ujar dokter Erin Hanlon dari Universitas Chicago seperti dikutip dari The Telegraph.

Baca juga: Nyemil Banana Bites Bareng Keluarga di Akhir Pekan, Yuk!

Nah akibat kurangnya jam tidur ini, seseorang menjadi tak bisa menahan makanan lezat dan makanan tinggi kalori meskipun tubuh sudah mendapatkan kebutuhan kalori sebanyak 90% dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan paling kuat di sore hari. Meski telah makan besar dua jam sebelumnya, orang yang kurang tidur masih merasa kelaparan.

Keinginan untuk makan meningkat secara signifikan dan mereka jadi sulit mengontrol kebiasaan itu. Bahayanya, mereka cenderung lebih memilih 50% makanan tinggi kalori atau total lemak dua kali lipat. Kebiasaan ngemil inilah yang akhirnya meningkatkan berat badan. Tak heran jika kurang tidur dan obesitas memiliki hubungan yang erat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masih lekat di ingatan ketika Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengunjungi Indonesia dan berlibur di Bali hingga seminggu menghabiskan dana ratusan miliar. Betapa tidak, dirinya memboyong 1.500 orang bersamanya....
  • HOT !
    Majalah Playboy Edisi Korea akhirnya rilis dan dapat ditemui di rak rak toko buku lokal pada Senin (21/8). Konten majalahnya sendiri mencakup berbagai topik, mulai dari selebriti, isu sosial dan politik, hingga gaya hidup....
  • HOT !
    Smartphone teranyar Samsung Galaxy S8 tercatat sebagai ponsel Android terlaris di kuartal kedua tahun 2017. Berdasarkan hasil riset dari Strategy Analytics, pengiriman Galaxy S8 mencapai 10,2 juta unit. Jika digabungkan dengan pengiriman Galaxy S8+, total pengapalan kedua ponsel tersebut menyentuh angka 19 juta unit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)