SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagus untuk Bentuk Otot, Terlalu Banyak Asupan Protein Juga Buruk untuk Kesehatan

Kamis, 10 Agustus 2017 19:00 by zia92 | 2023 hits
Bagus untuk Bentuk Otot, Terlalu Banyak Asupan Protein Juga Buruk untuk Kesehatan
Image source: One Shot Nutrition

DREAMERS.ID - Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan harus didapatkan setiap hari melalui makanan yang dikonsumsi adalah protein. Beberapa sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi manusia diantaranya adalah daging, ikan, telur, keju, dan susu.

Protein diketahui dapat membangun otot membuat perut lebih kenyang lebih lama setelah makan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, protein yang baik tersebut bisa berubah menjadi penyakit, berikut adalah beberapa hal mengganggu bahkan berbahaya yang bisa terjadi pada tubuh melansir laman Health.

1. Bau mulut

Saat usupan protein lebih banyak dibandingkan karbohidrat, tubuh bisa memasuki status ketosis, yaitu di mana tubuh membakar lemak dan diubah sebagai energi. Hal ini memang bisa menurunkan berat badan tapi dampaknya nafas menjadi bau karena terjadi pembakaran lemak, zat kimia yang disebut ketones juga akan diproduksi dan keluar melalui mulut, menurut seorang ahli diet Jessica Cording.

2. Moody

Baca juga: Membedakan Debaran Antara Jatuh Cinta, Gugup, dan Penyakit

Perubahan suasana hati yang tidak teratur juga bisa menjadi dampak karena terlalu banyak mengkonsumsi asupan protein. Kekurangan asupan karbohidrat akan membuat otak memproduksi serotonin, hormon yang mengatur mood.

3. Merusak ginjal

Saat kita mendapat asupan protein dari berbagai makanan, tubuh juga mendapat hasil sampingan dari nitrogen yang membuat ginjal bekerja lebih untuk menyaring darah. Jika asupan protein normal, produk sampingan nitrogen itu bisa dikeluarkan melalui air seni, tapi jika berlebihan, ginjal akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan.

4. Berat badan naik

Dalam sebuah penelitian jangka panjang yang melibatkan 7000 orang dewasa, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 90% protein lebih memiliki kemungkinan untuk menambah berat badan dibandingkan dengan mereka yang lebih bervariasi dan seimbang asupan nutrisinya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sudah lama dikabarkan bahwa Samsung akan memasang modul dual camera atau kamera ganda pada perangkat terbarunya, yakni Galaxy Note 8. Berbagai bocoran pun sudah muncul terkait bagaimana wujud kamera ganda tersebut....
  • HOT !
    Masih banyak wanita yang merasa insecure akan bentuk tubuhnya. Meski memiliki berat badan yang normal, namun jika ada salah satu satu bagian tubuh yang terlihat lebih berlemak atau lebih besar dari ukuran normal, tetap saja menjadi pertanyaan tersendiri....
  • HOT !
    Neymar mengungkapkan rasa senangnya setelah laga perdananya bersama Paris Saint Germain. Dia berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist dalam kemenangan 3 0 di En Avant Guingamp pada Minggu (13/8) lalu. Bintang brasil itu mengaku ‘lebih hidup dari sebelumnya’ setelah hekang dari Barcelona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)