home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagus untuk Bentuk Otot, Terlalu Banyak Asupan Protein Juga Buruk untuk Kesehatan

Kamis, 10 Agustus 2017 19:00 by fzhchyn | 2558 hits
Bagus untuk Bentuk Otot, Terlalu Banyak Asupan Protein Juga Buruk untuk Kesehatan
Image source: One Shot Nutrition

DREAMERS.ID - Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan harus didapatkan setiap hari melalui makanan yang dikonsumsi adalah protein. Beberapa sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi manusia diantaranya adalah daging, ikan, telur, keju, dan susu.

Protein diketahui dapat membangun otot membuat perut lebih kenyang lebih lama setelah makan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, protein yang baik tersebut bisa berubah menjadi penyakit, berikut adalah beberapa hal mengganggu bahkan berbahaya yang bisa terjadi pada tubuh melansir laman Health.

1. Bau mulut

Saat usupan protein lebih banyak dibandingkan karbohidrat, tubuh bisa memasuki status ketosis, yaitu di mana tubuh membakar lemak dan diubah sebagai energi. Hal ini memang bisa menurunkan berat badan tapi dampaknya nafas menjadi bau karena terjadi pembakaran lemak, zat kimia yang disebut ketones juga akan diproduksi dan keluar melalui mulut, menurut seorang ahli diet Jessica Cording.

2. Moody

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Perubahan suasana hati yang tidak teratur juga bisa menjadi dampak karena terlalu banyak mengkonsumsi asupan protein. Kekurangan asupan karbohidrat akan membuat otak memproduksi serotonin, hormon yang mengatur mood.

3. Merusak ginjal

Saat kita mendapat asupan protein dari berbagai makanan, tubuh juga mendapat hasil sampingan dari nitrogen yang membuat ginjal bekerja lebih untuk menyaring darah. Jika asupan protein normal, produk sampingan nitrogen itu bisa dikeluarkan melalui air seni, tapi jika berlebihan, ginjal akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan.

4. Berat badan naik

Dalam sebuah penelitian jangka panjang yang melibatkan 7000 orang dewasa, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 90% protein lebih memiliki kemungkinan untuk menambah berat badan dibandingkan dengan mereka yang lebih bervariasi dan seimbang asupan nutrisinya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)