home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inikah Alasan Ilmiah Mengapa Saat Berciuman Kepala Refleks Miring ke Kanan?

Kamis, 27 Juli 2017 23:00 by reinasoebisono | 8290 hits
Inikah Alasan Ilmiah Mengapa Saat Berciuman Kepala Refleks Miring ke Kanan?
Image source: Yibada

DREAMERS.ID - Tanpa banyak disadari, ternyata saat berciuman, kepala seringkali refleks miring ke arah kanan. Mungkin memang tidak semua orang, namun sering terjadi seperti itu, baik di dunia nyata mau pun dalam adegan film atau lainnya.

Ternyata ada alasan yang cukup ilmiah terkait hal ini. Mengutip dari Boldsky via Vemale, ada peneliti yang menyebutkan bahwa ada pengaruh cognitive science (kajian pikiran dan cara bekerjanya) serta neuroscience (kajian sistem saraf dan otak). Apa hubungannya?

Di Alam Bawah Sadar

Perilaku bersentuhan bibir dengan memiringkan kepala ke arah kanan terjadi di alam bawah sadar dan terjadi dengan natural dan tidak dibuat-buat. Umumnya, pria yang melakukan inisiatif terlebih dahulu dan diterima oleh wanita.

Kebiasaan Alamiah

Baca juga: Mantan Kontestan 'Produce 101 Season 2' Jeong Joong Ji Meninggal Dunia Diduga Bunuh Diri

Memiringkan kepala ke kanan juga dipengaruhi oleh sebagian besar manusia yang memiliki kecenderungan untuk bergerak ke arah kanan. Bahkan saat dalam rahim sekali pun, janin biasanya menggerakkan kepala ke kanan. Dan ketika dewasa, kita terbiasa melakukan apa pun dimulai dari dan dengan tangan kanan, bukan?

Aktivitas Otak dan Hormon

Para peneliti juga mengaitkan soal ini dengan hormon testosteron dan neutrotransmitter seperti dopamin yang memicu rasa bahagia. Hormon itu memberi pengaruh aktivitas ke otak yang seringkali tak disadari mengeluarkan aktivitas selalu dari kanan.

Kesimpulannya, secara umum, hal ini bisa terjadi karena ada pengaruh hormon dan sinyal otak yang memang naluri seorang manusia pada umumnya meski mungkin akan terjadi kasus berbeda untuk mereka yang lebih sering melalukan aktivitas dengan tangan kiri atau kidal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)