home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Sistem Rahasia yang Pastikan Pilot dan Co-Pilot Tidak Bertengkar di Kokpit

Selasa, 25 Juli 2017 12:30 by reinasoebisono | 4545 hits
Ternyata Ada Sistem Rahasia yang Pastikan Pilot dan Co-Pilot Tidak Bertengkar di Kokpit
Image source: Flight Zona

DREAMERS.ID - Meski jarang terlihat, tugas seorang pilot dan co-pilot pesawat terbang tentu berat. Mereka bertanggungjawab membawa puluhan bahkan ratusan nyawa penumpang dan wajib memiliki pikiran jernih serta tubuh yang sehat.

Tak hanya fisik, namun pengemudi burung besi raksasa ini dituntut harus bisa menjaga emosi dan chemistry kerja yang baik. Karena bagaimana pun, duduk dalam waktu yang lama dan frekuensi banyak bisa membuat urat menegang.

Mengutip News.com.au via Liputan6, pilot dan co-pilot diharuskan memiliki kondisi yang tenang, peka dan bisa berkomunikasi dengan baik. Karena itu, maskapai penerbangan diketahui mengadakan sistem yang membuat pilot tidak terjebak di kokpit dengan orang yang tidak ia sukai.

Menanggapi kebutuhan tersebut, sistem ‘Do Not Pair’ diberlakukan, di mana para pilot dapat menulis daftar orang-orang yang tidak ia inginkan untuk diajak bekerja sama. Daftar tersebut kemudian jadi acuan untuk penjadwalan masing-masing maskapai. Dengan begitu, sistem ini membuat pilot tidak memiliki jadwal yang sama dengan orang yang tak mereka sukai.

Baca juga: Ironi Dari Para Ahli: Harga Tiket Pesawat Turun Drastis Tapi Bukan Saat Yang Tepat Untuk Membeli

"Setiap 30 hari, sekitar pertengahan bulan, kami menawarkan daftar baru untuk bulan berikutnya," ujar seorang pilot, Patrick Smith, dalam bukunya yang berjudul Cockpit Confidential.

Ada banyak pula kesaksian kru pesawat yang mengaitkan pentingnya sistem ‘Do Not Pair’ tersebut dalam keberlangsungan perjalanan di udara. Seorang co-pilot sempat merasa kesal saat sang kapten berusaha menjadikannya wing man atau asisten ketika berusaha menggoda seorang perempuan dalam penerbangan jarak panjang.

Ada pula seorang pramugara bernama Elliot Hester yang mengatakan pada LA Times, ia pernah menyaksikan seorang pilot bertengkar hebat dengan co-pilot di dalam kokpit beberapa saat sebelum lepas landas. Begitu mendarat di Miami, sang co-pilot mengeluarkan laptopnya dan memasukkan nama kapten dan mengklik ‘Do Not Pair’.

Ada lagi peraturan Sterile Cockpit Rule yang menyebut, pilot tidak diizinkan untuk membicarakan hal lain selain informasi terkait penerbangan saat pesawat berada di bawah ketinggian 10.000 kaki. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik Jun Ji Hyun yang bermain bersama Lee Min Ho di drama The Legend of the Blue Sea pada 2016 lalu. Hingga kini, Jun Ji Hyun masih menjaga bentuk tubuh idealnya meski sudah berumur 38 tahun....
  • HOT !
    Korea Selatan tidak pernah habis dengan kafe kafe menarik yang Instagram able. Salah satunya yang muncul di drama Korea It's Okay to Not Be Okay dan Into the Ring adalah IK Light House, kafe yang dipenuhi dengan bola lampu....
  • HOT !
    Beradaptasi dengan new normal di tengah pandemi merupakan salah satu tantangan yang kita hadapi saat ini. Dengan penyesuaian untuk menjalani aktivitas pada umumnya, kita juga dituntut untuk lebih peduli terhadap pola hidup sehat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)