SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanggapan dan Solusi CEO Telegram Soal Pemblokiran Layanan di Indonesia

Minggu, 16 Juli 2017 17:00 by zia92 | 2778 hits
Tanggapan dan Solusi CEO Telegram Soal Pemblokiran Layanan di Indonesia
Image source: Vocativ

DREAMERS.ID - Telegram mungkin tak sepopuler layanan pesan instan sejenis seperti WhatsApp, LINE, atau BBM. Namun rencana pemerintah memblokir Telegram tentu saja mendapat reaksi dari para penggunanya di Indonesia.

Pendiri sekaligus CEO Telegram Pavel Durov pun turut angkat bicara dan menganggap kebijakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ini sebuah keanehan. “(Kebijakan) itu aneh, kami tak pernah menerima permintaan atau keluhan apapun dari pemerintah Indonesia. Kami akan menyelidikinya dan mengumumkannya," tulisnya melalui akun Twitter.

Setelah respon singkatnya tersebut, Pavel kembali menanggapi perihal pemblokiran ini melalui channel resminya di Telegram. Dalam pernyataan, ia mengatakan banyak pengadopsi awal Telegram dari Tanah Air. Saat ini sudah ada jutaan pengguna yang berasal Indonesia.

Pavel mengaku sangat menyukai Indonesia dan sudah beberapa kali datang ke sini serta memiliki banyak teman di tanah air. Karena itulah ia merasa kecewa saat mendengar kabar bahwa pemerintah memblokir layanannya di Indonesia.

Rupanya, kata Pavel, pihak Kemenkominfo ternyata telah mengirimi mereka daftar konten terkait terorisme ke Telegram. Namun email ini rupanya tak segera diproses oleh tim Telegram. "Sayangnya, saya tidak sadar akan permintaan ini, yang menyebabkan miskomunikasi dengan Kementerian. Untuk memperbaiki situasi saat ini, kami menerapkan solusi tiga solusi," kata Pavel.

Baca juga: Kemenkominfo Akhirnya Buka 11 Situs Telegram yang Diblokir

Ada pun tiga solusi yang ditawarkan Telegram meliputi:

1. Kami telah memblokir semua saluran publik terkait teroris yang sebelumnya telah dilaporkan kepada kami oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

2. Saya mengirim email ke Kementerian untuk membentuk saluran komunikasi langsung, yang memungkinkan kami bekerja lebih efisien dalam mengidentifikasi dan menghalangi propaganda teroris di masa depan.

3. Kami membentuk tim moderator yang berdedikasi dengan pengetahuan bahasa dan budaya Indonesia untuk dapat memproses laporan konten yang berhubungan dengan teroris lebih cepat dan akurat.

"Saya mengirim email ke Kementerian tiga solusi tadi untuk mendengar tanggapan dari mereka. Saya yakin kita dapat secara efisien membasmi propaganda teroris tanpa mengganggu jutaan penggunaan Telegram di Indonesia. Saya akan terus memperbarui saluran ini tentang bagaimana Telegram akan berkembang di Indonesia - dan secara global," pungkasnya.

(fzh/CNN/Detik)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini warga DKI Jakarta akan menyambut pemimpin mereka yang baru. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik dengan seragam khas dinas berwarna putih putih. Sebelum melihat penampilan gagah keduanya ketika dilantik, intip dulu yuk gaya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sehari hari....
  • HOT !
    Hari Halloween menjadi suatu perayaan yang dapat dijumpai di seluruh dunia pada setiap tanggal 31 Oktober. Biasanya orang orang akan mendekorasi rumah dan juga melakukan pesta kostum Halloween. Semua orang akan berdandan menirukan tokoh tokoh supranatural yang menyeramkan seperti hantu. Namun seiringnya berjalan waktu kostum hallowen tak melulu berkaitan dengan sesuatu yang seram loh....
  • HOT !
    Bella Hadid menjadi model yang turut diperhitungkan di industry mode meski usianya masih terbilang muda. Wanita yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke 21 pada 9 Oktober kemarin ini selalu tampil memukau dengan busana apapun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)