SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Blokir Layanan Pesan Instan Telegram di Indonesia

Jumat, 14 Juli 2017 23:00 by zia92 | 10746 hits
Pemerintah Blokir Layanan Pesan Instan Telegram di Indonesia
Image source: Fortune

DREAMERS.ID - Salah satu layanan pesan instan yang cukup banyak digunakan di Indonesia, Telegram bakal tak bisa digunakan di tanah air. Pasalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memerintahkan pemblokiran layanan chatting tersebut di Indonesia.

Dalam dua buah screenshot atau tangkapan layar dari Swamedium menunjukkan adanya surat elektronik (e-mail) yang memperlihatkan pemerintah meminta penyelenggara layanan internet (ISP) untuk menutup sejumlah situs berisi 11 domain Telegram.


Image source: Swamedium/CNN

Juru bicara Kemenkomifo, Noor Iza membenarkan rencana pemblokiran Telegram. “Ya (ada perintah untuk blokir), saya lagi siapin catatan-catatannya ya mas. Semoga Senin Pak Dirjen Aptika (Semuel Abrijani Pangerapan) bisa kasih penjelasan luas,” ujar melalui pesan singkat, Jumat (14/7), mengutip Kompas.

Noor tidak mengungkap lebih jauh mengenai alasan pemerintah memblokir aplikasi pesan instan Telegram. Namun melansir laman CNN Indonesia, alasan pemblokiran ditengarai karena mengandung konten ilegal seperti yang tertulis dalam e-mail.

Baca juga: Sama-sama Pakai Pengamanan Enkripsi, Apa Beda Telegram dan WhatsApp?

Permintaan pemblokiran Telegram masih sebatas versi web yang situsnya tercantum dalam e-mail tersebut. Ada beberapa laporan yang mengatakan jika web Telegram sekarang sudah tidak bisa diakses melalui koneksi internet sejumlah operator.


Image source: Dreamers.id

Indikatornya adalah saat pengguna mencoba mengakses alamat web.telegram.org, maka akan langsung dibawa ke halaman berisi keterangan pemblokiran. Namun saat Dreamers.id mencoba mengunjungi situs tersebut, Telegram masih dapat diakses. Sementara untuk versi aplikasinya juga masih bisa diakses seperti biasa.

Telegram merupakan aplikasi layanan instan buatan Pavel Durov asal Rusia. Telegram dikenal sebagai layanan pesan instan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Telegram adalah salah satu layanan yang memakai sistem enkripsi untuk percakapannya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hampir setiap orang di dunia pasti menginginkan hubungan pernikahan yang awet dan langgeng. Namun sayangnya hal tersebut tidak selalu terjadi karena ada beberapa pasangan yang hubungan pernikahannya berujung pada perceraian....
  • HOT !
    Jepang memang terkenal dengan berbagai macam jenis kari dengan rasa yang menggugah selera. Namun negeri Sakura ini ternyata juga punya satu jenis kari yang hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang berusia 18 tahun ke atas alias 18+, kenapa ya?...
  • HOT !
    Stres yang dialami seseorang bisa termanifestasikan melalui banyak hal. Mulai dari gejala emosional seperti merasa moody atau sensitif hingga timbul penyakit fisik. Hormon stres yang dikeluarkan dapat membuat tubuh mengalami hal hal aneh di luar kebiasaan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : detii0730
Cast : Miss A Suzy, EXO Baekhyun, EXO Chanyeol, EXO Sehun, Miss A Min, 2PM Wooyoung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)