SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Mengejutkan di Balik Anjuran Pergi ke Dokter Gigi Setiap Enam Bulan

Jumat, 14 Juli 2017 11:00 by zia92 | 2336 hits
Fakta Mengejutkan di Balik Anjuran Pergi ke Dokter Gigi Setiap Enam Bulan
Image source: inspirationdental.com

DREAMERS.ID - Menjaga kesehatan mulut dan gigi memang tak hanya sekedar menggosok gigi atau rajin membersihkannya. Kita tentu pernah mendengar anjuran untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setaiap enam bulan sekali.

Namun pernahkah terlintas pertanyaan mengapa jadwalnya harus enam bulan? Ternyata waktu enam bulan itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah gigi dan mulut, seperti yang kita bayangkan melainkan hal lainnya.

“Anjuran itu berawal dari dokter gigi Barat di negeri empat musim. Aturan itu agar jadwal kunjungan tidak jatuh musim dingin,” jelas drg. Anton Rahardjo, DDS.M.Sc (PH). Ph.D., dari Departemen Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia.

Lebih lanjut, Anton pun mengatakan bahwa idealnya pemeriksaan gigi dan gusi itu dilakukan tergantung dari kondisi individu. Tentunya dengan memperhatikan faktor risiko. “Makin tinggi faktor risiko akan gangguan gigi dan gusi, harus makin sering memeriksakan diri ke dokter,” katanya, mengutip Intisari.

Baca juga: Tak Lagi Punya Celah Gigi, Dakota Johnson Malah Sedih

Contoh, orang yang tingkat kesadaran dalam menjaga kebersihan gigi rendah, kondisi ludahnya kental, dan kandungan kalsiumnya tinggi, memiliki tingkat risiko mendapatkan karang gigi yang tinggi. Nah mereka yang memiliki kondisi seperti itu harus lebih sering memeriksakan dibandingkan dengan orang lain.

Dengan frekuensi pemeriksaan lebih sering, karang gigi yang menyebabkan gangguan gigi dan mulut akan dapat dicegah kemunculnya. Hasilnya, gigi sehat dalam artian tak ada lagi karang gigi yang bercokol, gigi berlubang, gusi meradang atau keganasan penyakit dalam rongga mulut.

So, untuk kesehatan gigi dan mulut kita, jangan menunggu tiap enam bulan untuk berkunjung ke dokter gigi, ya!

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Yeri member girl group Red Velvet belum lama ini terbang ke London, Inggris, untuk menjalani sesi pemotretan bersama dengan majalah Marie Claire Korea. Pemotretan itu masuk ke dalam edisi bulan Maret ini....
  • HOT !
    Tidak hanya di Seoul, Korea Selatan memiliki banyak tempat wisata menarik di wilayah lainnya, seperti Provinsi Gangwon. Untuk mencapai ke sana, kamu bisa turun di Stasiun Donghae yang dikelilingi oleh tempat wisata menarik berikut ini....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 akan berjalan sesuai rencana meskipun penyebaran virus corona masih terjadi di Negeri Ginseng ini. Acara mode terbesar di Seoul itu akan diadakan di Dongdaemun Design Plaza (DPP) antara 16 dan 21 Maret. Namun, beberapa show yang direncanakan diadakan di luar gedung akan dibatalkan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)