home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lebaran di Masjid Unik Khusus Mualaf yang Tak Nampak Seperti Rumah Ibadah

Senin, 26 Juni 2017 16:00 by reinasoebisono | 2932 hits
Lebaran di Masjid Unik Khusus Mualaf yang Tak Nampak Seperti Rumah Ibadah
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Setiap mualaf atau mereka yang baru memeluk agama Islam biasanya membutuhkan ‘panduan’ untuk mengenal lebih dalam tentang keyakinannya tersebut. Uniknya, di Jakarta ada sebuah masjid yang biasa disebut sebagai rumah mualaf.

Meski disebut masjid, bangunan bernama Masjid Lautze itu tak terlihat seperti rumah iabdah Muslim pada umumnya karena tak memiliki kubah atau menara. Bercorak merah-kuning, bangunan ini justru lebih mirip rumah ibadah Konghucu.

Masjid yang berdiri di bilangan Sawah Besar, Jakarta Pusat ini awalnya dibangun untuk mendorong pengertian nilai Islam di tengah masyarakat keturunan Tionghoa. Karena menurut Ketua Yayasan Haji Karim Oei, Ali Karim Oei, warga Tionghoa di Indonesia masih belum melebur dengan agama mayoritas, yaitu Islam.


Masjid Lautze ini menjadi simbol toleransi paling menonjol dan seakan menjadi magnet bagi orang asing yang ingin belajar Islam dari nol. Orang asing di sini adalah para mualaf dan pengembara spiritual. Bahkan tak jarang banyak mualaf yang memang sengaja datang untuk Salat Ied dan bersilaturahim dengan sesama di setiap Lebaran.

Baca juga: Hadiri Festival LGBT, PM Kanada Justin Trudeau Pakai Kaus Kaki Tema Idul fitri

"Di sini tempatnya orang-orang yang mencari ketenangan batin," kata Eko, salah satu jemaah. "Insya Allah kembali ke sini tahun depan," ujar Farid jemaah lainnya

Dengan hiasan kental budaya Tionghoa, karpet hijau tua yang semangat digelar menyambut Lebaran kemarin tampak serasi dengan tembok kuning aksen merah. Tempat imam berkotbah pun menyerupai altar di kelenteng.

Meski tak terlalu besar, masjid ini sudah dibangun oleh yayasan dengan nama sama di Bandung dan Tangerang. Keberadaan masjid ini sendiri menunjukkan jika agama tak memandang ras dan asal-usul seseorang. Karena dari mana pun asalnya, setiap orang berhak memeluk keyakinan apa pun yang diinginkannya.

(rei/image: Rappler)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)