home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asyik Berwisata Ramadhan di Masjid Simbol Toleransi Beragama Bali

Kamis, 08 Juni 2017 11:00 by reinasoebisono | 2558 hits
Asyik Berwisata Ramadhan di Masjid Simbol Toleransi Beragama Bali
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Bali masih jadi primadona dari Indonesia di mata dunia. Makin ke sini, Bali juga dikenal sebagai lokasi paling toleran pada sesama umat beragama di Indonesia. Begitu identik dengan wisata atau traveling, ada satu lokasi yang cocok dikunjungi untuk wisata Ramadhan di sana.

Sebuah masjid bernama Masjid Agung Ibnu Batutah ini dianggap unik karena mengambil nama seorang traveler muslim yang legendaris. Fyi, Ibnu Batutah adalah seorang pemikir, pujangga dan penjelajah dunia Muslim dari Persia.


Image source: Detik

"Masjid ini dinamakan Masjid Ibnu Batutah, karena Ibnu Batutah kan seorang pujangga yang suka melakukan perjalanan. Dia yang berasal dari Persia itu," kata Mohamad Jumali, Sekretaris Umum Takmir Masjid Agung Ibnu Batutah melansir Detik.

Masjid ini pun memiliki filosofi yang ternyata dulunya jamaah Masjid Ibnu Batutah kebanyakan adalah para perantau atau wisatawan Muslim yang sedang liburan ke Bali. Ada juga orang-orang Muslim di luar Bali yang bekerja di Pulau Dewata tersebut.


Interior Masjid Agung Ibnu Batutah (Detik)

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

"Jamaah masjid ini memang kebanyakan adalah para perantau. Maka, jadilah masjid bagi para perantau atau orang yang melakukan perjalanan. Yang mengurus masjid ini rata-rata para pekerja dari luar Bali," jelas Jumali.

Latar pembangunan masjid ini pun karena dulu sangat sulit mencari masjid. Menariknya, di lokasi ini ada 5 tempat peribadatan agama yang berbeda. Namun hal itu tidak menimbulkan gejolak apa pun. Bahkan kata Jumali, mereka secara rutin mengadakan pertemuan.

"Kalau dulu kan orang-orang yang datang ke sini itu cuma untuk beribadah. Sekarang, para guide, agen travel itu setelah mengantar turis ke daerah wisata Uluwatu mampirnya ke sini. Jadi objek wisata malah. Bisa dilihat dari tempat parkir yang penuh bus-bus wisata," pungkas dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)