SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Instagram Dinilai Paling Berefek Negatif pada Remaja Dibanding Media Sosial Lainnya

Senin, 22 Mei 2017 17:16 by zia92 | 2155 hits
Instagram Dinilai Paling Berefek Negatif pada Remaja Dibanding Media Sosial Lainnya
Image source: iGeeksBlog

DREAMERS.ID - Kehidupan sebagian besar orang, khususnya remaja saat ini tak bisa jauh dari penggunaan media sosial. Tak cukup satu, mereka biasanya memiliki beberapa media sosial di dalam smartphone-nya. Namun dari sekian banyak jenis medsos, Instagram ternyata yang paling berdampak buruk bagi kesehatan jiwa.

Hal tersebut diungkapkan Royal Society for Public Health dalam sebuah survei bertajuk Status of Mind. Survey tersebut menitikberatkan pada efek media sosial terhadap citra diri remaja. Hasilnya menyebutkan bahwa Instagram punya pengaruh besar pada citra remaja mengenai bentuk tubuhnya, waktu tidur, hingga memicu kecemasan sosial atau disebut juga sebagai fear of missing out (FOMO).

Namun selain efek negatif, Instagram juga dianggap memberi efek baik. Kebaikan yang dimaksud adalah soal membantu remaja mengekspresikan diri serta menemukan identitas dirinya. Dilansir Kompas dari Telegraph, survei Status of Mind ini melibatkan 1.479 orang remaja usia 14 hingga 24 tahun.

Baca juga: Disebut 'Silent Killer', Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Para responden tersebut diminta untuk menilai media sosial yang mereka gunakan dan efeknya terhadap beberapa isu, antara lain soal kecemasan, kesepian, serta pembentukan komunitas. Dalam hal ini, YouTube, Twitter, Facebook dan Snapchat mendapatkan nilai yang lebih positif.

“Platform media sosial itu mestinya membantu remaja saling terhubung satu sama lain, tapi juga berpotensi memicu terjadi gangguan atau krisis kejiwaan,” tulis laporan yang dibuat oleh The Royal Society for Public Health itu.

Organisasi kesehatan tersebut juga merekomendasikan agar masing-masing media sosial membuat pop-up peringatan. Isinya berupa peringatan mengenai efek media sosial jika digunakan berlebihan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Korea Selatan dan sejumlah negara saat ini sudah memasuki musim dingin. Tren gaya busana pun berganti menjadi serba tertutup. Apabila kamu akan mengunjungi negara negara dengan musim dingin, bisa mengikuti airport fashion dari sederet seleb Korea ini....
  • HOT !
    Natal merupakan salah stau hari raya yang paling dinantikan oleh umat kristiani di seluruh dunia. Memandang pohon pohon yang dihiasi oleh pernak pernik natal, dan mendengarkan lagu natal di sepanjang jalan memang sesuatu yang menggembirakan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)