home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Masalah Kesehatan yang Mengintai Jika Kekurangan Waktu Tidur

Selasa, 16 Mei 2017 11:00 by fzhchyn | 2924 hits
Berbagai Masalah Kesehatan yang Mengintai Jika Kekurangan Waktu Tidur
Image source: She Knows

DREAMERS.ID - Untuk memiliki tubuh yang sehat tentu tak bisa lepas dari kualitas istirahat seseorang. Karena ketika tertidur merupakan waktu tubuh untuk mengembalikan sel-sel yang rusak. Sehingga tak heran semua orang ingin memiliki kualitas tidur yang baik, tetapi tak semua orang bisa mendapatkanya.

Karena kesibukan dan hal lainnya, banyak orang yang kekurangan waktu tidur. Padahal jika terus-terusan mengalami kekurangan tidur dalam jangka panjang, penyakit-penyakit ini bisa saja mengancam lho.

1. Diabetes

Studi yang diterbitkan dalam jurnal diabetes, para peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

2. Osteoporosis

Tidur kurang dari 6 jam dalam sehari bisa mengurangi kepadatan tulang secara drastis dan akibatnya tulang menjadi lemah dan rapuh hingga pada akhirnya mengalami osteoporosis. Selain itu, komposisi mineral dalam tulang juga akan menurun dan menyebabkan nyeri sendi dan rentan patah tulang.

3. Kanker

Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia 40 sampai 79 tahun dan menemukan bahwa peserta yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih besar dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.

Studi lainnya Dalam yang melibatkan 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

4. Serangan jantung dan stroke

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung. Dalam jurnal Sleep yang diterbitkan tahun 2010, dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Peneliti West Virginia Unniversity School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Hasilnya diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung. Bahkan wanita di bawah usia 60 tahun yang hanya tidur 5 jam atau kurang di malam hari, memiliki risiko 2 kali lipat mengembangkan penyakit jantung.

5. Hilang ingatan atau pikun

Efek lain yang ditimbulkan karena kekurangan tidur bisa terjadi di otak. Saat kita mendapatkan tisur yang cukup, maka otak akan ter-refresh dan beregenerasi. Sehingga jika kita kekurangan tidur, otak menjadi cepat lelah yang memicu melemahnya ingatan dan kepikunan.

6. Cemas dan depresi

Kekurangan tidur merupakan penyebab utama stres dan depresi. Saat kita merasa kurang tidur, hormon karsitol akan terproduksi yang membuat pikiran berada di bawah tekanan dan menyebabkan depresi.

7. Berat badan naik

Saat kita kurang tidur, biasanya membuat tubuh cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food dan minuman bersoda. Jika dituruti, itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

8. Kematian

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian.

Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

(fzh/prevention/boldsky)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)