home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Mudah Gunakan SOCA Bandung yang Punya Konsep Mirip Instagram!

Kamis, 11 Mei 2017 16:30 by dodo07 | 2444 hits
Begini Cara Mudah Gunakan SOCA Bandung yang Punya Konsep Mirip Instagram!
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - SOCA Bandung muncul sebagai salah satu upaya inovatif dalam rangka membantu Pemerintah Kota Bandung mengumpulkan dan memantau laporan warga terkait masalah-masalah di sekitar. Lewat aplikasi ini, pengguna diajak ikut serta dalam memberi informasi tentang masalah-masalah di lingkungannya untuk diselesaikan pemerintah dengan cepat.

Meski aplikasi SOCA masih belum banyak dikenal, ternyata cara menggunakan aplikasi tersebut terbilang lebih mudah dan sederhana seperti konsep aplikasi Instagram. Ketika membuka aplikasi ini, pengguna akan melihat dua pilihan apakah ingin membuat laporan atau membuat promosi.


Image source: dreamers.id

Jika memilih ‘Lapor’ dan telah memilih/mengambil foto yang akan diunggah, selanjutnya pengguna tinggal memilih keterangan lokasi foto atau kejadian di foto tersebut. Kemudian, pilih kategori laporan misal banjir, kriminal, jalan rusak, atau sampah. Setelahnya, pengguna dapat memilih sifat laporan, apakah pribadi atau publik.

Pilihan ini dibuat untuk memisahkan pengguna sebagai pelapor dari bahaya atau resiko akibat memberikan laporan. Setelah selesai, laporan akan langsung dikirim ke Petugas yang berada di Bandung Command Center untuk dilanjutkan ke instansi terkait. SOCA Bandung juga mempunyai sistem leaderboard yang memperlihatkan pelapor yang paling sering memberikan laporan.


Image source: dreamers.id

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

Untuk pilihan ‘Promosi’, SOCA Bandung memberikan pilihan beberapa jenis promosi untuk diposting. Setelah memilih atau mengambil foto, pengguna dapat memilih klasifikasi promosi yang dibuat sesuai dengan empat jenis promosi, yaitu tempat, makanan, event, dan kegiatan olahraga. Pada fitur ini, dapat juga memasukkan deskripsi tempat dan mencantumkan lokasi yang menjadi objek promosi.

Selain itu, pengguna juga dapat memodifikasi foto sehingga menjadi lebih menarik. pengguna dapat menyesuaian filter foto sesuai yang diinginkan, memilih frame foto yang menurut anda menarik, serta memasukkan badge yang sesuai dengan promosi. Badge yang disediakan SOCA antara lain gambar gereja, pesawat terbang, masjid, kacamata 3D, kios tempat belanja, dan gedung perkantoran.

Menariknya, foto yang telah selesai dimodifikasi juga dapat dibagikan ke laman media sosial anda yang lain seperti Facebook dan Twitter.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)