SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mark Zuckerberg Akui Facebook Dipakai Politisi untuk Pengaruhi Opini Publik

Selasa, 02 Mei 2017 16:19 by zia92 | 1877 hits
Mark Zuckerberg Akui Facebook Dipakai Politisi untuk Pengaruhi Opini Publik
Image source: The Indiian Express

DREAMERS.ID - Beberapa waktu yang lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyangkal jika jejaring sosial harus khawatir akan berkembangnya berita palsu atau hoax. Dan mengatakan jika berita palsu punya pengaruh pada pemilu Amerika Serikat adalah sebuah kegilaan yang tidak masuk akal.

Namun dalam laporan Facebook yang baru dirilis, mereka mengakui jika jejaring sosial tersebut telah digunakan oleh pemerintahan dan badan non-pemerintahan sebagai bagian dari serangkaian usaha yang diatur untuk memanipulasi opini publik terkait isu-isu politik, termasuk pemilu AS beberapa waktu lalu. Beberapa diantaranya dengan pembuatan berita palsu dan juga secara terorganisir mempromosikan berita tersebut menjadi seviral mungkin.

Secara khusus, tim keamanan Facebook mengatakan bahwa mereka menemukan bukti adanya upaya terkoordinasi dengan menggunakan akun Facebook palsu untuk menyebarkan berbagai informasi yang berkaitan dengan pemilu AS, termasuk laporan berdasarkan email yang dicuri dari kantor pusat Partai Demokrat.

Baca juga: Kasus Kebocoran Data Facebook, Mark Zuckerberg Ogah Lengser Sebagai CEO

Akhirnya mengakui jika hal tersebut adalah sebuah masalah serius, tim keamanan Facebook pun punya rencana agar hal serupa tidak terjadi lagi dengan menghapus akun yang mencoba terlibat dalam aktivitas semacam ini. Facebook mengatakan jika pihaknya telah menutup lebih dari 30.000 akun palsu sebelum pemilu Prancis.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara Facebook mengenali akun yang memang berafiliasi pada pemerintahan atau kelompok tertentu? Karena bisa saja akun yang menjadi target tersebut adalah pengguna Facebook biasa yang kebetulan menyebarkan berita palsu atau propaganda lainnya.

Facebook menjelaskan jika ada beberapa jenis perilaku yang berkaitan dengan kampanye ini, seperti mengirim permintaan pertemanan menggunakan akun palsu dengan nama asli, dan pemberian ‘like’ dari  beberapa akun palsu untuk membuat berita palsu tersebut banyak dilihat atau dibaca.

(fzh/Fortune)

  • HOT !
     Billboard Music Awards 2018 baru saja selesai diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Ajang penghargaan musik ini dipandu oleh penyanyi jebolan American Idol, Kelly Clarkson. Ini adalah pertama kalinya Kelly mendapat kepercayaan menjadi presenter....
  • HOT !
    Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu saat bulan puasa memang wajib hukumnya bagi umat Muslim. Namun kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk melakukan ‘puasa’ lainnya, seperti puasa memakai gadget....
  • HOT !
    Tak hanya sebagai kewajiban umat Muslim saat Ramadhan tiba, menjalani ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh secara alami....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)