home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahu

Senin, 24 April 2017 13:00 by zia92 | 3487 hits
Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahu
Image source: JTBC

DREAMERS.ID - Dreamers, kapan terakhir kali kamu membaca buku atau paling tidak sepotong artikel dalam majalah? Mungkin saat ini lebih banyak orang yang memilih membaca berita atau informasi melalui media sosial dan Internet.

Namun tahukah kamu bahwa membaca buku secara rutin memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh? Nah bertepatan dengan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April kemarin, yuk mulai membaca buku dan rasakan berbagai manfaat kesehatannya, seperti berikut:

1. Stimulasi mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa mental yang tetap terstimulasi akan menjauhkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan Demensia, karena otak tetap aktif dan mencegahnya kehilangan kekuatannya untuk berpikir. Sama seperti otot, otak juga perlu latihan agar tetap bisa berfungsi secara maksimal. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku.

2. Menurunkan stres

Tak peduli berapa banyak stres yang didapat di sekolah, kantor, atau rumah, stres itu akan hilang saat membaca buku dan pikiran fokus pada jalan cerita dalam novel favorit. Sebuah novel yang ditulis secara apik mampu membuat pembacanya 'pindah' ke alam lain sehingga mengalihkan perhatian dari masalah dan stres yang dihadapi.

3. Pengetahuan

Apapun yang dibaca seseorang pasti akan mengisi kepala dan menjadi informasi baru, dan kamu tak akan pernah tahu kapan informasi itu akan berguna dalam hidupmu. Jadi semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin baik pula 'perlengkapan' yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah.

4. Perluasan kosakata

Untuk mempelajari bahasa baru dan menambah kosakata, membaca adalah salah satu kunci suksesnya. Dengan kosakata yang banyak dipelajari saat membaca, tentunya kamu lebih percaya diri saat menggunakan bahasa baru tersebut dalam percakapan sehari-hari.

5. Peningkatan memori

Saat membaca buku, seseorang pasti harus mengingat berbagai karakter, tokoh, latar belakang, ambisi, sejarah, dan nuansa serta berbagai alur cerita di dalamnya. Menakjubkan bahwa otak dapat melakukan (mengingat) hal-hal itu. Setiap memori baru yang masuk akan membuat sinopsis baru dalam otak.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Lemak di Pipi

6. Kemampuan menganalisis lebih kuat

Pernahkah kamu membaca novel misteri namun berhasil mengetahui apa penyebab bahkan sebelum kamu selesai membacanya? Jika pernah, maka kamu memiliki pemikiran kritis dan analitis dengan memperhatikan setiap rincian yang diberikan dalam novel.

7. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Dalam dunia Internet yang semakin menggila ini, orang dituntut untuk menjadi multitasking. Misalnya dalam satu waktu tertentu, seseorang harus mengecek e-mail, chatting, melihat media sosial, dan berinteraksi dengan orang di sekitar. Perilaku seperti ini menyebankan stres meningkat dan menurunkan produktivitas.

Sementara saat membaca buku, pikiran seseorang hanya fokus pada jalan cerita dalam kisah yang dibaca. Cobalah untuk membaca buku 15-20 menit sebelum beraktivitas di pagi hari, maka kamu akan merasa lebih fokus melakukan kegiatan seharian.

8. Kemampuan menulis lebih baik

Memiliki hubungan dengan penambahan kosakata karena rajin membaca, hal ini juga akan berdampak pada kemampuan menulismu. Semakin banyak kata yang dipelajari, maka tulisan yang kamu buatpun akan semakin kaya.

9. Ketenangan

Membaca buku yang bagus akan membawa ketenangan dan kedamaian yang signifikan. Misalnya membaca buku keagamaan bisa menurunkan tekanan darah dan membawa rasa tenang.

10. Hiburan gratis

Membaca buku juga dapat dikategorikan sebagai hiburan yang murah meriah. Tanpa harus mengeluarkan uang banyak, kamu bisa pergi meminjam buku di sekolah atau perpustakaan kota untuk membaca berbagai buku yang menarik.

Selamat Hari Buku, Dreamers ^^

(fzh/Life Hack)

Komentar
  • HOT !
    Perilisan musik baru dari BTS hanya kurang dari dua minggu. Grup asuhan Big Hit Entertainment ini dijadwalkan merilis lagu berbahasa Inggris untuk pertama kalinya yang berjudul ‘Dynamite’ pada 21 Agustus mendatang....
  • HOT !
    Salah satu makanan khas Korea Selatan yang wajib kamu coba saat datang ke sana yaitu tteokbokki, makanan yang terbuat dari tepung kue beras yang dibaluri oleh saus pedas. Sebagai street food, tteokbokki bisa ditemukan cukup mudah karena berada di setiap sudut Korea Selatan....
  • HOT !
    Setidaknya ada 15 orang tewas dan lebih dari 1.500 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi. Hujan deras menguyur wilayah tengah Korea Selatan, yang mengakibatkan banjir di beberapa tempat, termasuk lokasi wisata....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)