home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Terlalu Lama Main Media Sosial Buat Tekanan Darah Tinggi pada Remaja?

Sabtu, 22 April 2017 18:00 by zia92 | 2617 hits
Benarkah Terlalu Lama Main Media Sosial Buat Tekanan Darah Tinggi pada Remaja?
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Mengisi waktu luang untuk mengecek media sosial atau sekedar melihat berita terbaru memang kadang membuat kita lupa diri. Saking asiknya, kita bahkan tidak sadar sudah berapa lama menghabisakan waktu untuk mengakses internet.

Tapi kegiatan membuka internet dalam waktu yang lama untuk mengerjakan tugas, update di media sosial, dan lainnya ini ternyata dapat meningkatkan tekanan darah, khusunya pada remaja.

Dilansir dari Independent, penelitian dari rumah sakit Henry Ford di Detroit menyebutkan bahwa remaja yang menghabiskan waktu lebih dari 14 jam di internet lebih mudah untuk mengalami peningkatan tekanan darah. Dari 134 remaja yang menggunakan internet dalam waktu lama, 26 memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi dari angka normal.

Masih belum jelas apakah hal ini disebabkan karena posisi duduk yang terlalu lama dan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat atau memang mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat lah yang lebih sering membuka internet. Akan tetapi satu hal yang jelas, penggunaan internet yang berlebih itu tidak menyehatkan.

Baca juga: Pemakaian Masker dengan Katup Tidak Dianjurkan, Ini Bahayanya

Andrea Cassidy-Bushrow sebagai peneliti mengatakan bahwa penting bagi banyak orang untuk berhenti menggunakan internet secara berlebih dan menggantinya dengan terlibat secara langsung pada kegiatan fisik lainnya.

Dia juga menambahkan bahwa pada remaja terdapat peran besar dari orang tua untuk membatasi anak mereka menggunakan internet secara berlebih. Penggunaan internet yang berlebih ternyata dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Mengurangi penggunaan internet juga dapat membuat diri terlibat lebih banyak dalam kegiatan fisik dengan orang lain. Jadi sebaiknya kini mulai membatasi waktu dihabiskan di internet.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Scarf atau syal merupakan sebuah fashion item yang membuat tampilan menjadi lebih hidup dan keren, apabila berbagai macam gaya busana. Biasanya syal akan dipasang di leher atau menjadi hiasan tas bahkan bisa menjadi ikan pinggang yang unik....
  • HOT !
    Sudah memasuki bulan September berarti musim panas akan berubah menjadi musim gugur di Korea Selatan. Pada musim ini banyak dinikmati orang lokal maupun turis untuk bepergian melihat pemandangan dedaunan berjatuhan di jalanan yang berwarna kuning, orange, hingga kecoklatan....
  • HOT !
    Baru baru ini, media sosial tengah diramaikan dengan sebuah unggahan seorang perempuan yang mengeluhkan sanksi akibat tidak menggunakan masker pada saat ia mengendarai mobil pribadinya sendirian. Unggahan tersebut kemudian memicu berbagai respon netizen....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)