SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa

Jumat, 21 April 2017 16:00 by zia92 | 3408 hits
Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa
Image source: ABC Australia

DREAMERS.ID - Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Language, orang dengan kemampuan bilingual atau dapat berbicara dan mengerti dua bahasa cenderung lebih membutuhkan sedikit kemampuan otak dalam menyelesaikan tugas dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa.

Dengan menggunakan fungsi Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti di Northwestern University dan University of Houston mempelajari aktivitas otak dari 18 orang yang berbicara bahasa Inggris dan 17 orang yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol yang dinilai sama dalam mengerjakan tes memori.

Selama mengerjakan tugas pemahaman bahasa, para peserta diminta untuk mengidentifikasi sebuah objek setelah mendengar sebuah kata melalui headphone. Misalnya, dua gambar menunjukkan benda dengan nama yang hampir sama seperti “cloud” dan “clown”. Dan peserta harus dengan tepat menjelaskannya.

Baca juga: Mengerikan! Dokter Temukan 27 Lensa Kontak Menumpuk di Mata Seorang Wanita

Meskipun orang monolingual dan bilingual semuanya dapat mengidentifikasi objek secara tepat dan dalam waktu yang hampir bersamaan, namun “otak orang monolingual bekerja lebih keras, khususnya pada area yang menghambat kontrol untuk mencapai tujuan yang sama persis,” kata Viorica Marian, pemimpin penelitian ini.

“Pada dasarnya cara kerja fungsi MRI adalah memungkinkan kita untuk melihat sekilas dari apa yang terjadi di otak,” kata Sarah Chabal, penulis penelitian. “Ini mengukur aliran darah dan oksigen, sehingga kita dapat melihat area mana yang bekerja lebih keras.”

“Dalam konteks studi kami, ketika orang monolingual dan bilingual mendegarkan kata-kata, otak orang monolingual bekerja lebih keras. Ada aliran darah yang lebih banyak di area otak sehhingga menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas,” tambahnya.

(fzh/Fox News)

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Kegiatan memotret wajah sendiri atau lebih dikenal dengan selfie saat ini bisa dibilang telah menjadi gaya hidup, bahkan menjadi hobi untuk banyak orang dengan berbagai alasan. Namun, kegiatan ini ternyata tak hanya digandrungi oleh manusia saja, lho!...
  • HOT !
    Dukungan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dan menjadi penting karena bisa memberikan semangat dan energi pada saat seseorang mengalami keadaan sulit. Begitu pula yang dilakukan dengan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menjelang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018....
  • HOT !
    Tampaknya Timnas Indonesia U 22 sudah siap melawan pesaing panasnya, Malaysia, dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U 23 edisi 2018 yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Rabu besok (19/7)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SyafiraPD
Cast : Suho , Chorong, beberapa kpop idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)