SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa

Jumat, 21 April 2017 16:00 by zia92 | 3299 hits
Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa
Image source: ABC Australia

DREAMERS.ID - Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Language, orang dengan kemampuan bilingual atau dapat berbicara dan mengerti dua bahasa cenderung lebih membutuhkan sedikit kemampuan otak dalam menyelesaikan tugas dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa.

Dengan menggunakan fungsi Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti di Northwestern University dan University of Houston mempelajari aktivitas otak dari 18 orang yang berbicara bahasa Inggris dan 17 orang yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol yang dinilai sama dalam mengerjakan tes memori.

Selama mengerjakan tugas pemahaman bahasa, para peserta diminta untuk mengidentifikasi sebuah objek setelah mendengar sebuah kata melalui headphone. Misalnya, dua gambar menunjukkan benda dengan nama yang hampir sama seperti “cloud” dan “clown”. Dan peserta harus dengan tepat menjelaskannya.

Baca juga: Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Tips Berikut

Meskipun orang monolingual dan bilingual semuanya dapat mengidentifikasi objek secara tepat dan dalam waktu yang hampir bersamaan, namun “otak orang monolingual bekerja lebih keras, khususnya pada area yang menghambat kontrol untuk mencapai tujuan yang sama persis,” kata Viorica Marian, pemimpin penelitian ini.

“Pada dasarnya cara kerja fungsi MRI adalah memungkinkan kita untuk melihat sekilas dari apa yang terjadi di otak,” kata Sarah Chabal, penulis penelitian. “Ini mengukur aliran darah dan oksigen, sehingga kita dapat melihat area mana yang bekerja lebih keras.”

“Dalam konteks studi kami, ketika orang monolingual dan bilingual mendegarkan kata-kata, otak orang monolingual bekerja lebih keras. Ada aliran darah yang lebih banyak di area otak sehhingga menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas,” tambahnya.

(fzh/Fox News)

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orang saat menjalankan ibadah puasa adalah menjaga kesegaran napas. Karena kita tidak makan dan minum selama belasan jam, produki air liur pun berkurang sehingga membuat bakteri dalam mulut cepat berkembang dan menyebabkan bau....
  • HOT !
    Apple akhirnya resmi membuka Apple Store pertamanya di kawasan Asia Tenggara pada Sabtu (27/5). Toko yang menjual berbagai perangkat Apple mulai dari iPhone hingga MacBook tersebut berlokasi di Singapura....
  • HOT !
    Beberapa negara mengeluarkan himbauan dan peringatan perjalanan ke Indonesia pasca insiden terorisme bom di Kampung Melayu. Diketahui ada 3 negara yang mengeluarkan travel advice untuk kunjungan ke Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)