SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa

Jumat, 21 April 2017 16:00 by zia92 | 3532 hits
Ini Manfaat yang Kamu Dapat Jika Menguasai Banyak Bahasa
Image source: ABC Australia

DREAMERS.ID - Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Language, orang dengan kemampuan bilingual atau dapat berbicara dan mengerti dua bahasa cenderung lebih membutuhkan sedikit kemampuan otak dalam menyelesaikan tugas dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa.

Dengan menggunakan fungsi Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti di Northwestern University dan University of Houston mempelajari aktivitas otak dari 18 orang yang berbicara bahasa Inggris dan 17 orang yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol yang dinilai sama dalam mengerjakan tes memori.

Selama mengerjakan tugas pemahaman bahasa, para peserta diminta untuk mengidentifikasi sebuah objek setelah mendengar sebuah kata melalui headphone. Misalnya, dua gambar menunjukkan benda dengan nama yang hampir sama seperti “cloud” dan “clown”. Dan peserta harus dengan tepat menjelaskannya.

Baca juga: Psikolog Sebut Pura-pura Sakit untuk Tujuan Tertentu Termasuk Gangguan Mental

Meskipun orang monolingual dan bilingual semuanya dapat mengidentifikasi objek secara tepat dan dalam waktu yang hampir bersamaan, namun “otak orang monolingual bekerja lebih keras, khususnya pada area yang menghambat kontrol untuk mencapai tujuan yang sama persis,” kata Viorica Marian, pemimpin penelitian ini.

“Pada dasarnya cara kerja fungsi MRI adalah memungkinkan kita untuk melihat sekilas dari apa yang terjadi di otak,” kata Sarah Chabal, penulis penelitian. “Ini mengukur aliran darah dan oksigen, sehingga kita dapat melihat area mana yang bekerja lebih keras.”

“Dalam konteks studi kami, ketika orang monolingual dan bilingual mendegarkan kata-kata, otak orang monolingual bekerja lebih keras. Ada aliran darah yang lebih banyak di area otak sehhingga menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas,” tambahnya.

(fzh/Fox News)

Komentar
  • HOT !
    Saat ini Android masih menjadi sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia. Namun karena sifatnya yang terbuka dan bisa dengan bebas dikembangkan oleh pabrikan gadget manapun, terjadi fragmentasi di mana versi OS yang dijalankan oleh masing masing perangkat berbeda beda....
  • HOT !
    Kevin Liliana, wanita 21 tahun kelahiran Bandung ini baru saja mengukir prestasi dengan membawa nama Indonesia maju sebagai pemenang di ajang Miss International 2017 di Jepang. Kemenangan yang dibawa Kevin ini pun merupakan kali pertama kemenangan Indonesia dalam ajang tersebut....
  • HOT !
    Tahun 2017 belum berakhir, tapi Korea Selatan sudah menancapkan ‘taringnya’ di dunia pariwisata mancanegara. Terbukti dengan negara berjulukan Negeri Gingseng ini mendapat predikat lokasi wisata terbaik tahun 2018....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)