home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Atasi Perut Tak Nyaman Setelah Sarapan dengan Cara Ini

Senin, 17 April 2017 13:00 by fzhchyn | 2546 hits
Atasi Perut Tak Nyaman Setelah Sarapan dengan Cara Ini
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Mengalami rasa tak nyaman pada perut setelah sarapan terjadi hampir pada setiap orang. Dan saat mengalami hal itu, biasanya orang akan menganggap kalau itu dikarenakan mereka tidak terbiasa sarapan di pagi hari.

Karena biasanya orang cenderung melewatkan sarapan dan lebih memilih untuk minum kopi, susu atau jus buah untuk mengisi perut. Padahal asupan nutrisi yang tepat saat sarapan sangatlah penting untuk tubuh menjalani aktivitas seharian.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah konstipasi atau rasa tak nyaman pada perut usai sarapan menurut ahli nutrisi Victoria Djajadiseperti yang dilansir laman CNN.

1. Biasakan sarapan

Sarapan merupakan kegiatan yang sangat diperlukan tubuh untuk mengisi kembali kebutuhan nutrisi selepas tidur semalaman. Sepanjang tidur, tubuh menurunkan aktivitas metabolisme dan menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Ketika bangun tidur, tubuh membutuhkan asupan nutrisi guna mengganti energi yang hilang selama tidur dan juga sebagai energi untuk menjalani hari. Untuk itulah sarapan diperlukan dan patut untuk dibiasakan.

2. Sesuaikan porsi makan

Baca juga: Banyak Ditampilkan Dalam Drama, Ini Beragam Menu Sarapan Orang Korea

Sarapan memang penting untuk mengisi energi untuk mengawali hari, tapi hal itu bukan berarti kamu harus makan porsi 'kuli' yang berlebihan. Porsi makan perlu disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan jenis kelamin, umur, dan kegiatan yang akan dilakukan, menurut Victoria.

Selain agar mencegah mengalami 'begah' di pagi hari karena kebanyakan makan, sarapan dengan porsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan mengantuk yang justru menurunkan produktifitas.

3. Menu sarapan yang tepat

Jenis menu sarapan yang disantap juga tak kalah berpengaruh dan tidak semua orang bisa cocok dengan semua jenis makanan. Beberapa orang tidak cocok makan olahan telur di pagi hari, dan beberapa orang mungkin butuh porsi karbohidrat lebih banyak dibanding yang lain.

Jadi penting untuk mengetahui jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun menjadikan kopi apalagi rokok sebagai bagian dari menu sarapan bukanlah pilihan yang baik karena kopi dan rokok mengandung zat yang dapat menghilangkan nafsu makan.

Apapun masalahnya ketika sarapan, Victoria menegaskan semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing. Intinya adalah tidak ada alasan untuk meninggalkan sarapan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)