home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cek Kesehatan Tubuh dari Kondisi Bibir, Begini Tanda-tandanya

Kamis, 06 April 2017 11:15 by fzhchyn | 3929 hits
Cek Kesehatan Tubuh dari Kondisi Bibir, Begini Tanda-tandanya
Image source: health.com

DREAMERS.ID - Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, sebenarnya kita tidak perlu menunggu merasa sakit terlebih dahulu atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Melalui bagian-bagian tubuh, kita bisa mengetahui kalau tubuh sedang kondisi yang kurang baik atau bermasalah.

Mata dan lidah merupakan bagian tubuh paling umum yang bisa memberikan sinyal kalau tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik. Karena itulah saat dokter memeriksa, mereka akan melihat mata atau lidah terlebih dahulu.

Selain mata atau lidah, ternyata bibir juga bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh. seperti dlansir dari laman Prevention, berikut adalah beberapa hal yang ‘dikatakan’ oleh bibir terkait kesehatan tubuh.

1. Bibir bengkak

Menururut Keith Arbeitman, DDS dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan, bibir yang bengkak bisa menjadi tanda reaksi alergi. Awalnya bibir akan terlihat lebih besar dari ukuran normal lalu mulai terasa gatal. Jadi perhatikan apakah bengkak ini terjadi setelah kamu memakai lipstik baru atau makan makanan tertentu.

2. Bibir kering

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Sekeras apapun usaha yang dilakukan untuk makan makanan sehat, kita masih sangat mudah untuk kehilangan beberapa nutrisi penting. Dan terkadang, efeknya bisa terlihat pada kondisi bibir, kata Diane Madfes, MD, seorang dermatolog bersertifikat dan merupakan anggota American Academy of Dermatology.

Nah jika bibirmu terasa kering disertai dengan pecah-pecah di sudut mulut, bisa jadi tubuh kekurangan zat besi, zat seng, vitamin B3, atau vitamin B6. Selain itu, bibir yang kering juga bisa menjadi tanda awal kalau tubuhmu kekurangan cairan alias dehidrasi.

3. Bibir pecah-pecah

Mulut yang berliur memang sangat wajar, tapi jika liur tak terkendali atau terus menetes (terutama saat tidur) bisa menjadi alasan lain dari timbulnya pecah-pecah di sudut mulut, atau biasa disebut ‘angular cheilitis’. Saat air liur terkumpul di sudut mulut saat tidur, itu bisa menyebabkan infeksi jamur yang memicu pecah-pecah di bibir.

4. Herpes

Luka seperti lepuhan yang terjadi di sekitar bibir atau yang dikenal sebagai cold sores atau herpes bisa terjadi karena stres, kelelahan, atau terlalu banyak pekerjaan. Timbulnya cold sores juga bisa menjadi tanda kalau sistem kekebalan tubuh sedang terganggu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)