home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prinsip Makan Makanan Setelah Jatuh 'Belum 5 Menit' Masih Aman, Mitos atau Fakta?

Kamis, 23 Maret 2017 12:30 by dodo07 | 2951 hits
Prinsip Makan Makanan Setelah Jatuh 'Belum 5 Menit' Masih Aman, Mitos atau Fakta?
Image source: thinkstock

DREAMERS.ID - Momen yang paling menyebalkan saat tengah menyantap makanan favorit adalah makanan tersebut tanpa sengaja terjatuh dengan berbagai alasan. Jika lokasi jatuhnya masih bisa dikatakan bersih, tak jarang orang akan memungut dan menyantapnya kembali dengan prinsip ‘belum 5 menit’.

Meski prinsip tersebut sudah dilakukan banyak orang sejak lama, namun bagaimana sebenarnya pendapat para ahli makanan dan kesehatan menanggapi hal ini? Apakah makanan yang telah jatuh masih baik-baik saja untuk dikonsumsi?

Kebersihan makanan yang telah jatuh dan dapat dimakan kembali memang kerap jadi perdebatan di masyarakat karena dianggap mitos. Namun, belum lama ini Ahli kuman dan bakteri, Profesor Anthony Hilton, dari Aston University, mengatakan jika ia menyetujui prinsip ‘belum 5 menit’ tersebut. Walau demikian, ia juga menerangkan beberapa pertimbangan makanan tersebut masih layak dimakan.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

"Makan makanan yang hanya jatuh beberapa detik di lantai tidak bisa bebas seluruhnya dari risiko. Bila makanan terkena kotoran yang jelas terlihat, tentu jangan dimakan. Tapi, bila tidak jelas terkontaminasi, sains menunjukkan makanan itu kurang mungkin mengandung bakteri hanya dengan beberapa detik terkena lantai dalam ruangan " jelas Profesor Hilton.

Dalam survey yang dilakukan pada 2000 orang, ditemukan, 79% mengakui akan makan makanan walaupun telah jatuh ke lantai. Walau demikian, Profesor Hilton juga sempat menekankan penyataannya tersebut bukan mengatakan tidak ada kemungkinan sama sekali bahwa kuman atau bakteri dari lantai mencemari makanan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa sifat permukaan lantai, tipe makanan yang jatuh di lantai dan lama waktu makanan jatuh di lantai, itu semua bisa berpengaruh pada jumlah kuman yang dapat ditransfer (ke makanan)," Tambahnya.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)