home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Direkomendasikan di Dua Bulan Ini ke Pulau Komodo, Apa Alasannya?

Senin, 20 Februari 2017 17:00 by reinasoebisono | 5181 hits
Tak Direkomendasikan di Dua Bulan Ini ke Pulau Komodo, Apa Alasannya?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pulau Komodo yang masuk dalam salah satu keajaiban alam dunia tak hanya menarik karena hewan liar dari zaman purbakala yang masih hidup, namun juga keindahan alamnya. Pantai putih kemerahan bahkan pink jadi buruan travelers setiap tahunnya.

Sekedar informasi, Pulau Komodo adalah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo dan dikelola oleh Pemerintah Pusat. Lebih mudahnya, pulau ini berada di sebelah Timur pulau Sumbawa.

Namun melansir Reservasi, ada 2 bulan yang tidak direkomendasikan untuk berkunjung ke Pulau Komodo, yaitu sekitar bulan Agustus-September. Hal ini tak lain karena aktivitas komodo yang jadi daya tarik utama itu sendiri.


Image source: Komodo Tours

Lebih lanjut, ternyata pada bulan Agustus, komodo jantan sedang masuk dalam puncak masa kawin. Sehingga mereka akan bertarung satu sama lain untuk memperebutkan komodo betina. Otomatis, mereka akan mencari tempat tak terganggu manusia dan masuk ke hutan lebih dalam.

Baca juga: Pulau Komodo Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Pada Tahun 2020, Ini Alasannya

Begitu pula di bulan September, adalah masa komodo betina bertelur dan menetaskan anak-anaknya. Sehingga di 2 bulan tersebut, komodo jarang ditemukan. Jika ditemukan pun emosinya kurang stabil karena sedang musim kawin dan rasa bertarung komodo jantannya sangat besar.

Lalu bagaimana cara membedakan komodo jantan atau betina? Cukup mudah dan tak perlu melihat kelaminnya. Cari saja di tubuh komodo tersebut apakah ada bekas cakaran atau tidak. Jika ada, bisa dipastikan itu adalah komodo jantan yang memang secara natural akan bertarung satu sama lain.

Dan perlu diingat jika berkunjung untuk ‘memburu’ penampakan makhluk buas ini harus ditemani pemandu agar tidak tersesat dan mengetahui harus melakukan apa. Jangan terlalu dekat karena tetap saja komodo adalah hewan liar. Selain menjaga keselamatan diri sendiri, kelestarian alam ini pun juga harus dijaga ya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    ARMY pasti mengetahui restoran favorit BTS yaitu Yoojung Sikdang. yang berada di kawasan Gangnam gu, Seoul. Yoojung Sikdang semakin populer berkat BTS yang kerap kali datang ke restoran ini....
  • HOT !
    Bagi kamu yang ingin merasakan street food Korea dengan berbagai macam jenis makanan, bisa datang ke Lunchbox Café di Pasar Tongin. Pasar tradisional ini terletak di Seoul yang mana menyuguhkan makanan makanan lezat....
  • HOT !
    Korea Selatan tidak pernah habis dengan kafe kafe menarik yang Instagram able. Salah satunya yang muncul di drama Korea It's Okay to Not Be Okay dan Into the Ring adalah IK Light House, kafe yang dipenuhi dengan bola lampu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)