SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp

Jumat, 17 Februari 2017 12:10 by zia92 | 4101 hits
Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp
Image source: bgr.com

DREAMERS.ID - Layanan pesan instan WhatsApp terus meningkatkan sistem keamanan bagi para penggunanya. Setelah menerapkan fitur enskripsi agar data tak mudah disadap atau diretas, kini aplikasi yang berada di bawah perusahaan induk Facebook ini menerapkan tahap verifikasi baru.

Selama ini, pengguna hanya melakukan verifikasi melalui nomor telepon yang dipakai untuk akun WhatsApp mereka. Aplikasi akan mengirim kode melalui SMS atau telepon yang harus dimasukkan oleh pengguna, saat mengaktifkan layanannya.

Namun sekarang WhatsApp menambahkan ‘two-step verification’ atau verifikasi dua tahap berupa enam digit passcode. Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu membuka menu Setting lalu Account dan pilih Two-step verification. Setelah itu tekan Enable, lalu pengguna bisa memasukkan enam digit angka dan mengikuti perintah seterusnya.


Image source: Dreamers.id

Fungsi enam digit angka ini adalah untuk dimasukkan setiap kali pengguna mendaftarkan nomor teleponnya untuk dijadikan sebagai kontak WhatsApp lagi. Misalnya, saat pengguna membeli smartphone baru namun tetap ingin menggunakan SIMcard dan nomor yang sama.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru untuk Copot Jabatan Admin Grup yang Menyebalkan

Berdasarkan keterangan WhatsApp mengutip Kompas, pengguna harus mengingat passcode, atau mem-backup-nya melalui e-mail. Nah e-mail ini juga bisa dipakai untuk menon-aktifkan verifikasi dua tahap jika pengguna lupa passcode yang dipakai.

Perlu diketahui jika passcode ini tidak akan dibutuhkan setiap kali membuka WhatsApp, namun WhatsApp akan menanyakan passcode ini secara periodik dalam jangka waktu tertentu (kemungkinan tujuh hari), untuk membantu pengguna mengingat passcode yang digunakan.

Verifikasi dua tahap yang digunakan WhatsApp ini berbeda dengan skema yang digunakan oleh Google atau Facebook. Kedua layanan itu membuat kode dengan aplikasinya dan mengirimkannya melalui SMS. Di platform WhatsApp, penggunalah yang membuatnya sendiri dan harus mengingatnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di tahun 2017, Apple dapat dikatakan sukses merilis smartphone terbarunya iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan inovasi yang diberikan. Namun ternyata hal tersebut tak membuat Apple menjadi perusahaan teknologi nomor 1 sepanjang 2017....
  • HOT !
    Satu persatu sederet pemain sepak bola terbaik dunia memutuskan untuk gantung sepatu dan berhenti menjadi pesepakbola profesional. Pada 17 Desember 2017 lalu legenda Brasil, Kaka memutuskan untuk gantung sepatu, kini masih dari salah satu putra terbaik Brasil, Ronaldinho, juga mundur dari dunia sepak bola....
  • HOT !
    Mungkin tidak banyak mengetahui ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Metode penurunan berat badan ini sempat populer tahun 2004 silam yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)