SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp

Jumat, 17 Februari 2017 12:10 by zia92 | 4019 hits
Makin Aman, Begini Cara Terapkan Verifikasi Dua Tahap di WhatsApp
Image source: bgr.com

DREAMERS.ID - Layanan pesan instan WhatsApp terus meningkatkan sistem keamanan bagi para penggunanya. Setelah menerapkan fitur enskripsi agar data tak mudah disadap atau diretas, kini aplikasi yang berada di bawah perusahaan induk Facebook ini menerapkan tahap verifikasi baru.

Selama ini, pengguna hanya melakukan verifikasi melalui nomor telepon yang dipakai untuk akun WhatsApp mereka. Aplikasi akan mengirim kode melalui SMS atau telepon yang harus dimasukkan oleh pengguna, saat mengaktifkan layanannya.

Namun sekarang WhatsApp menambahkan ‘two-step verification’ atau verifikasi dua tahap berupa enam digit passcode. Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu membuka menu Setting lalu Account dan pilih Two-step verification. Setelah itu tekan Enable, lalu pengguna bisa memasukkan enam digit angka dan mengikuti perintah seterusnya.


Image source: Dreamers.id

Fungsi enam digit angka ini adalah untuk dimasukkan setiap kali pengguna mendaftarkan nomor teleponnya untuk dijadikan sebagai kontak WhatsApp lagi. Misalnya, saat pengguna membeli smartphone baru namun tetap ingin menggunakan SIMcard dan nomor yang sama.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur untuk Tonton Video YouTube di Chatroom

Berdasarkan keterangan WhatsApp mengutip Kompas, pengguna harus mengingat passcode, atau mem-backup-nya melalui e-mail. Nah e-mail ini juga bisa dipakai untuk menon-aktifkan verifikasi dua tahap jika pengguna lupa passcode yang dipakai.

Perlu diketahui jika passcode ini tidak akan dibutuhkan setiap kali membuka WhatsApp, namun WhatsApp akan menanyakan passcode ini secara periodik dalam jangka waktu tertentu (kemungkinan tujuh hari), untuk membantu pengguna mengingat passcode yang digunakan.

Verifikasi dua tahap yang digunakan WhatsApp ini berbeda dengan skema yang digunakan oleh Google atau Facebook. Kedua layanan itu membuat kode dengan aplikasinya dan mengirimkannya melalui SMS. Di platform WhatsApp, penggunalah yang membuatnya sendiri dan harus mengingatnya.

(fzh)

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Kegiatan memotret wajah sendiri atau lebih dikenal dengan selfie saat ini bisa dibilang telah menjadi gaya hidup, bahkan menjadi hobi untuk banyak orang dengan berbagai alasan. Namun, kegiatan ini ternyata tak hanya digandrungi oleh manusia saja, lho!...
  • HOT !
    Dukungan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dan menjadi penting karena bisa memberikan semangat dan energi pada saat seseorang mengalami keadaan sulit. Begitu pula yang dilakukan dengan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menjelang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018....
  • HOT !
    Tampaknya Timnas Indonesia U 22 sudah siap melawan pesaing panasnya, Malaysia, dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U 23 edisi 2018 yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Rabu besok (19/7)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SyafiraPD
Cast : Suho , Chorong, beberapa kpop idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)