SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Sarapan dengan Menu Olahan Telur Baik untuk Kesehatan

Jumat, 17 Februari 2017 10:00 by zia92 | 3134 hits
Alasan Mengapa Sarapan dengan Menu Olahan Telur Baik untuk Kesehatan
Image source: food52.com

DREAMERS.ID - Banyak orang percaya bahwa telur mengandung kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Namun, saat para ilmuwan Universitas Wake Forest melakukan penelitian ilmiah, mereka tidak menemukan hubungan antara mengonsumsi telur dengan penyakit jantung.

Pada kenyataannya, para ahli kesehatan terkemuka menyebut telur sebagai makanan yang sempurna. Bagian putih dan kuning bekerjasama untuk menyediakan vitamin penting, lemak sehat, mineral, dan nutrisi lainnya. Semua berada dalam satu paket makanan yang rendah kalori.

Nah bagi kamu yang lebih suka mengkonsumsi sereal atau menu sarapan lainnya, menggantinya dengan olahan telur sepertinya akan lebih menyehatkan karena memiliki berbagai manfaat seperti yang dilansir laman Prevention berikut.

1. Meningkatkan mood

Telur mengandung asam lemak omaga 3, seng, vitamin B, dan iodia. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan kelelahan dan mengembalikan suasana hati yang buruk alias bad mood.

2. Menutrisi otot

Mengandung protein yang dapat melindungi otot serta merupakan makanan yang rendah kalori. Kandungan vitamin B-12 di dalamnya juga membantu otot berkontraksi. Namun, jangan tertipu dengan kata 'alami' pada kemasan atau karton telur. Ayam organik bisa berasal dari ayam yang diberi antibiotik dan pakan rekayasa genetika. Ini adalah dua hal yang dilarang dalam telur organik.

3. Melawan kanker

Baca juga: Bakal Jadi Tren di 2018, Sehatkah Konsumsi Pizza Sebagai Menu Sarapan?

Perempuan yang mengkonsumsi makanan yang tinggi kolin seperti yang terkandung dalam telur, memiliki 24% risiko lebih kecil dalam pengembangan kanker payudara. Sebagian besar kolin tersebut ada dalam kuning telur.

4. Menutrisi otak

Selain bermanfaat bagi otot, telur juga memiliki manfaat untuk otak. Kandungan kolin di dalamnya dapat membuat memori tetap tajam sekaligus meningkatkan peleasan asetilkolin, neurostransmiter yang membantu otak menyimpan dan mengingat informasi lebih baik.

5. Menyehatkan penglihatan

Telur adalah sumber makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Pastikan untuk memakan bagian kuning telur. Untuk khasiat perlindungan mata lebih ampuh, campurkan sayuran kale dan bayam yang kaya lutein dan zeaxanthin ke dalam omelet.

6. Menjaga berat badan

Para peneliti dari Universitas Negeri Louisiana menemukan bahwa orang gemuk yang memilih telur sebagai sarapan, setidaknya lima kali dalam satu minggu, kehilangan sekitar 65 persen berat. Ilmuwan Universitas Saint Louis melaporkan, makan telur di pagi hari menyebabkan seseorang makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di tahun 2017, Apple dapat dikatakan sukses merilis smartphone terbarunya iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan inovasi yang diberikan. Namun ternyata hal tersebut tak membuat Apple menjadi perusahaan teknologi nomor 1 sepanjang 2017....
  • HOT !
    Satu persatu sederet pemain sepak bola terbaik dunia memutuskan untuk gantung sepatu dan berhenti menjadi pesepakbola profesional. Pada 17 Desember 2017 lalu legenda Brasil, Kaka memutuskan untuk gantung sepatu, kini masih dari salah satu putra terbaik Brasil, Ronaldinho, juga mundur dari dunia sepak bola....
  • HOT !
    Mungkin tidak banyak mengetahui ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Metode penurunan berat badan ini sempat populer tahun 2004 silam yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)