home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Hal Buruk yang Tejadi Pada Tubuh Saat Melakukan Diet Tanpa Aturan

Senin, 16 Januari 2017 13:10 by fzhchyn | 3737 hits
Simak Hal Buruk yang Tejadi Pada Tubuh Saat Melakukan Diet Tanpa Aturan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Diet memang seharusnya tidak dilakukan sembarangan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh. Diet yang tepat biasanya harus mendapat pengawasan dari dokter atau ahli gizi karena masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

Jika dilakukan sembarangan seperti mengurangi porsi makan tanpa perhitungan gizi yang tepat, bisa-bisa malah menumbulkan masalah kesehatan seperti dilansir dari laman Health berikut ini.

1. Asam lambung naik
Saat melewati jam makan, asam lambung biasanya akan naik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti rusia Dr Pavlov, dia meneliti kadar asam dalam perut manusia yang sering melompati jam makan.

Dan diketahui bahwa produksi asam lambung sangat berlebihan. Produksi asam tanpa makanan di perut sendiri mampu membakar lapisan perut atau yang biasanya dikenal dengan sebutan maag.

2. Makan berlebihan
Masalah kesehatan lain yang bisa timbul saat melewatkan jam makan adalah seseorang cenderung akan makan secara berlebihan begitu mendapatkan celah atau waktu untuk makan.

Baca juga: Son Heung Min, BTS dan Song Joong Ki Puncaki Reputasi Brand Akhir Tahun 2022

3. Diabetes
Saat kita melewati jam makan yang seharusnya, tubuh akan terasa lemas dan untuk memenuhi kebutuhan energi, kita cenderung akan selalu ingin mengkonsumsi makanan manis. Sementara konsumsi makanan manis saat perut kosong mampu menyebabkan lonjakan gula darah.

Lonjakan ini mampu menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin yang jika terjadi secara terus-menerus mampu menyebabkan diabetes.

4. Kelenjar tiroid melemah
Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh. Dan saat kita melewatkan jam makan, fungsi kelenjar tiroid akan melambat. Akibatnya semua fungsi metabolisme organ tubuh terganggu yang kemudian bisa menyebabkan pencernaan melambat, sembelit, kulit kering, hingga rambut rontok.

5. Stres
Stres biasanya muncul saat berada dalam tekanan. Saat stres, maka terjadi serangkaian hal yang terjadi di tubuh seperti napas menjadi sesak, otot menjadi kaku, jantung berdetak cepat, serta tekanan darah meninggi. Hal ini serupa terjadi saat kita melewatkan jam makan. Kita juga akan mengalami serangkaian gejala nyeri, sakit punggung, sakit leher, hingga perut yang melilit.

6. Depresi
Selain stres, melewatkan jam makan juga bisa memicu depresi. Sebab saat merasa lapar dalam jangka waktu yang lama, tubuh akan sulit untuk mengontrol emosi dengan baik. Alhasil kita menjadi sering marah, sedih, dan berbagai macam emosi negatif lainnnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)