home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengobatan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Saat Sakit Akibat Menstruasi

Kamis, 12 Januari 2017 12:00 by fzhchyn | 3435 hits
Pengobatan Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Saat Sakit Akibat Menstruasi
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Sakit saat menstruasi yang dialami bisa membuat wanita tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Tingkat rasa sakit yang dihadapi pun berbeda dari setiap wanita namun rasa tidak nyamannya tak bisa dihindari. Umumnya rasa sakit akan lebih terasa di hari pertama atau kedua menstruasi.

Siapa pun tentu tak ingin aktivitasnya terganggu dengan rasa sakit saat menstruasi ini. Meski tak dapat dihindari, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan rasa sakit atau bahkan menghilangkannya. Yuk Simak!

1. Tidur dan pijat

Saat tubuh merasa tidak sehat, obat terbaik yang dapat dilakukan adalah tidur. Karena saat tidur, otot akan santai dan pulih. Tidur dengan waktu yang cukup saat menstruasi lalu bangun dengan perasaan yang lebih santai.

Lakukan pijatan ringan di bagian tubuh yang terasa sakit. Pijatan yang ringan akan mengendurkan otot dan membuatnya santai sehingga membuat kondisi tubuh lebih baik.

2. Air panas

Menempatkan kantung khusus atau botol yang berisi air panas pada bagian tubuh yang sakit. Namun pastikan untuk mengangkat kantung/botol tersebut sebelum tertidur nyenyak. Selain itu, kamu juga bisa mandi dengan menggunakan air hangat juga dapat menimbulkan efek yang nyaman.

3. Pilih makanan yang tepat

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

Saat merasa sakit selama menstruasi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan ringan karena makanan yang berat akan membuat perut tidak nyaman. Tak hanya itu, beberapa ahli juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung halus karena sulit dicerna dan membuat sakit lebih parah sehingga pilih lah makanan dengan karbohidrat kompleks.

Apapun masalah yang terjadi dalam tubuh, buah dan sayur selalu membantu. Begitu pula saat menstruasi. Buah dan sayur sangat ringan dicerna dan memiliki gula alami serta mengandung banyak cairan dan vitamin.

4. Yang perlu dihindari

Bagi beberapa orang, kopi dapat membuat rasa sakit bertambah parah. Jadi sebaiknya kurangi konsumsi kafein saat menstruasi. Begitu pula dengan tambahan gula dan garam dalam makanan dan minuman yang dinilai tidak baik dari segi apapun.

5. Cairan dan vitamin

Selama menstruasi, tubuh kehilangan banyak darah sehingga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi lebih banyak air. Dan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari rasa sakit, usahakan untuk memberi asupan vitamin. Dengan nutrisi yang baik, tubuh juga tetap sehat dan terhindar dari masalah seperti sakit saat menstruasi.

6. Bergerak

Meski seluruh tubuh terasa sakit, tak adasalahnya melakukan sedikit gerakan olahraga sederhana agar otot tetap lentur dan membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, gaya hidup yang aktif juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat tetap sehat, tapi juga membuat periode menstruasi berjalan tanpa masalah.

(fzh/Bold Sky)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)