SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Bagi Kulit

Rabu, 11 Januari 2017 12:15 by zia92 | 3099 hits
Simak Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Bagi Kulit
Image source: scmp.com

DREAMERS.ID - Tak ada yang bisa menolak kelezatan dari makanan bercitarasa manis. Namun di balik kenikmatannya, ada banyak risiko yang menghantui jika tidak dikonsumsi dengan bijak. Mengkonsumsi makanan manis biasanya identik dengan penyakit diabetes atau obesitas. Namun selain penyakit tersebut, efek mengkonsumsi gula juga bisa membuat kulit kusam dan berkerut!

Dilansir dari laman CNN, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan dengan indeks glisemik yang tinggi, makanan tersebut akan dikonversi menjadi glukosa dengan cepat yang kemudian meningkatkan kadar insulin. Kenaikan insulin dalam tubuh inilah yang menyebabkan peradangan sehingga terjadi masalah seperti berikut:

1. Jerawat

Gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan ini adalah salah satu cara utama merusak kulit. Peningkatan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat sederhana seperti gula dan roti akan menghasilkan peradangan. Peradangan menyebabkan jerawat pada kulit. Jadi kurangi asupan gula halus dan gula tambahan termasuk gula putih, gula merah, sirup jagung fruktosa tinggi, sirup agave, dan lain-lain.

2. Keriput

Sifat inflamasi gula tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga mengakibatkan keriput. Gula menyerang kolagen yang sehat pada kulit. Padahal salah satu fungsi kolagen adalah membuat kulit bebas kerut. Pada tingkat sel, gula mengonsumsi kolagen yang sehat ini, membuat kulit terlihat kusam dan kering. Keriput dapat terjadi ketika stok kolagen habis.

Baca juga: Inilah Alasan Ilmiah Kerap Merasa Haus Setelah Makan Es Krim

3. Kulit kusam

Gula dalam bentuk apapun dapat mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila seseorang mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Tak lama, ketika insulin dilepaskan ke dalam sel, kadar gula darah akan turun. Penurunan drastis gula darah ini akan menciptakan stres internal dalam tubuh, yang menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

4. Penuaan dini

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis dan diet tinggi gula menciptakan radikal bebas dalam tubuh.

5. Dehidrasi

Gula menghisap air dari sel-sel tubuh, sehingga jika mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kulit akan mengalami dehidrasi kekeringan, bengkak dan yang paling ditakuti adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Saat ini Android masih menjadi sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia. Namun karena sifatnya yang terbuka dan bisa dengan bebas dikembangkan oleh pabrikan gadget manapun, terjadi fragmentasi di mana versi OS yang dijalankan oleh masing masing perangkat berbeda beda....
  • HOT !
    Kevin Liliana, wanita 21 tahun kelahiran Bandung ini baru saja mengukir prestasi dengan membawa nama Indonesia maju sebagai pemenang di ajang Miss International 2017 di Jepang. Kemenangan yang dibawa Kevin ini pun merupakan kali pertama kemenangan Indonesia dalam ajang tersebut....
  • HOT !
    Tahun 2017 belum berakhir, tapi Korea Selatan sudah menancapkan ‘taringnya’ di dunia pariwisata mancanegara. Terbukti dengan negara berjulukan Negeri Gingseng ini mendapat predikat lokasi wisata terbaik tahun 2018....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)