SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Bagi Kulit

Rabu, 11 Januari 2017 12:15 by zia92 | 3121 hits
Simak Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Bagi Kulit
Image source: scmp.com

DREAMERS.ID - Tak ada yang bisa menolak kelezatan dari makanan bercitarasa manis. Namun di balik kenikmatannya, ada banyak risiko yang menghantui jika tidak dikonsumsi dengan bijak. Mengkonsumsi makanan manis biasanya identik dengan penyakit diabetes atau obesitas. Namun selain penyakit tersebut, efek mengkonsumsi gula juga bisa membuat kulit kusam dan berkerut!

Dilansir dari laman CNN, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan dengan indeks glisemik yang tinggi, makanan tersebut akan dikonversi menjadi glukosa dengan cepat yang kemudian meningkatkan kadar insulin. Kenaikan insulin dalam tubuh inilah yang menyebabkan peradangan sehingga terjadi masalah seperti berikut:

1. Jerawat

Gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan ini adalah salah satu cara utama merusak kulit. Peningkatan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat sederhana seperti gula dan roti akan menghasilkan peradangan. Peradangan menyebabkan jerawat pada kulit. Jadi kurangi asupan gula halus dan gula tambahan termasuk gula putih, gula merah, sirup jagung fruktosa tinggi, sirup agave, dan lain-lain.

2. Keriput

Sifat inflamasi gula tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga mengakibatkan keriput. Gula menyerang kolagen yang sehat pada kulit. Padahal salah satu fungsi kolagen adalah membuat kulit bebas kerut. Pada tingkat sel, gula mengonsumsi kolagen yang sehat ini, membuat kulit terlihat kusam dan kering. Keriput dapat terjadi ketika stok kolagen habis.

Baca juga: Inilah Alasan Ilmiah Kerap Merasa Haus Setelah Makan Es Krim

3. Kulit kusam

Gula dalam bentuk apapun dapat mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila seseorang mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Tak lama, ketika insulin dilepaskan ke dalam sel, kadar gula darah akan turun. Penurunan drastis gula darah ini akan menciptakan stres internal dalam tubuh, yang menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

4. Penuaan dini

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis dan diet tinggi gula menciptakan radikal bebas dalam tubuh.

5. Dehidrasi

Gula menghisap air dari sel-sel tubuh, sehingga jika mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kulit akan mengalami dehidrasi kekeringan, bengkak dan yang paling ditakuti adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di tahun 2017, Apple dapat dikatakan sukses merilis smartphone terbarunya iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan inovasi yang diberikan. Namun ternyata hal tersebut tak membuat Apple menjadi perusahaan teknologi nomor 1 sepanjang 2017....
  • HOT !
    Satu persatu sederet pemain sepak bola terbaik dunia memutuskan untuk gantung sepatu dan berhenti menjadi pesepakbola profesional. Pada 17 Desember 2017 lalu legenda Brasil, Kaka memutuskan untuk gantung sepatu, kini masih dari salah satu putra terbaik Brasil, Ronaldinho, juga mundur dari dunia sepak bola....
  • HOT !
    Mungkin tidak banyak mengetahui ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Metode penurunan berat badan ini sempat populer tahun 2004 silam yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)