home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Diakuisisi Verizon, Yahoo! Berencana Ganti Nama Jadi Altaba?

Selasa, 10 Januari 2017 17:00 by fzhchyn | 3047 hits
Setelah Diakuisisi Verizon, Yahoo! Berencana Ganti Nama Jadi Altaba?
Image source: Venture Beat

DREAMERS.ID - Setelah mengalami krisis selama beberapa tahun terakhir, perusahaan teknologi Yahoo! menjual beberapa bisnis operasinya. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di AS, Verizon Communication Inc. adalah yang akhirnya berhasil membeli Yahoo! dengan nilai 4,83 miliar dollar AS atau sekitar 63 triliun rupiah pada Juli lalu.

Menurut laporan Kompas, pada awal pekan ini Yahoo! mengumumkan rencana perubahan dewan direksi sekaligus perubahan nama menjadi Altaba Inc. Hal tersebut tentunya menimbulkan kebingungan soal nasib Yahoo! pasca diakuisisi oleh Verizon.

Verizon sebenarnya hanya berminat membeli unit-unit bisnis internet milik Yahoo! saja, seperti e-mail, Yahoo! News, dan Sports. Di luar unit bisnis utama itu, Yahoo! masih memiliki banyak aset lain, termasuk saham 15 persen di raksasa e-commerce Alibaba, saham 35 persen di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon.

Baca juga: Merger Yahoo dan LINE, Siap Bersaing dengan Google Hingga Facebook

Nah, entitas yang menaungi aset-aset lain inilah yang kemudian berubah nama menjadi Altaba. Fungsinya tak lebih dari sekadar investment company yang memayungi kepemilikan atas aset-aset tadi. Altaba sendiri merupakan gabungan dari kata “alternate” dan “Alibaba”, yang mengacu pada sebagian kepemilikan Yahoo! atas Alibaba.

Dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo! membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo! berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dan Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo! Sementara itu, CEO Marissa Mayer beserta beberapa petinggi Yahoo juga disebut bakal melepas jabatan strategis mereka saat ini. Namun, keputusan ini belum final.

(fzh/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)