home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

Selasa, 10 Januari 2017 12:40 by fzhchyn | 4627 hits
Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan
Image source: chicagotribune.com

DREAMERS.ID - Kebanyakan orang Indonesia pasti menyukai makanan pedas yang menggugah selera. Sensasi panas yang diberikan hidangan bercita rasa pedas tak hanya membuat kegiatan makan semakin nikmat tapi juga memiliki beberapa manfaat tersendiri bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Bahan makanan pedas seperti cabai mengandung zat capsaicin yang menghasilkan panas dan dipercaya dapat membakar lemak serta membantu penurunan berat badan. Tentu hal tersebut baik untuk seseorang yang sedang dalam program diet.

Dilansir dari laman Live Strong, berikut ini adalah alasan-alasan yang menjelaskan lebih lanjut mengapa makanan pedas baik dikonsumsi saat diet.

1. Mengurangi nafsu makan

Dalam sebuah studi di British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan pedas cenderung akan makan lebih sedikit pada jam makan berikutnya. Hal ini juga diperkuat pernyataan dari International Journal of Obesity yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung capsaicin dapat mengurangi asupan kalori hingga 16 persen.

Baca juga: 5 Makanan Korea Paling Pedas Bikin Lidah Terbakar, Berani Coba?

2. Mempercepat proses metabolisme

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa bahan makanan yang mengandung capsaicin dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 8 persen dengan menaikkan suhu tubuh, menyebabkan kamu dapat membakar kalori setelah makan.

3. Mampu meningkatkan pemakaian energi tubuh

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi zat capsaicin memicu pemakaian energi hingga 20 persen yang menyebabkan keseimbangan energi dalam tubuh berkurang. Untuk mengembalikan keseimbangan tersebut, oksidasi (yang akan diubah ke energi) jadi meningkat sehingga mendorong pembakaran lemak lebih banyak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)