SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan

Selasa, 10 Januari 2017 12:40 by zia92 | 4399 hits
Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik Dikonsumsi untuk Menurunkan Berat Badan
Image source: chicagotribune.com

DREAMERS.ID - Kebanyakan orang Indonesia pasti menyukai makanan pedas yang menggugah selera. Sensasi panas yang diberikan hidangan bercita rasa pedas tak hanya membuat kegiatan makan semakin nikmat tapi juga memiliki beberapa manfaat tersendiri bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Bahan makanan pedas seperti cabai mengandung zat capsaicin yang menghasilkan panas dan dipercaya dapat membakar lemak serta membantu penurunan berat badan. Tentu hal tersebut baik untuk seseorang yang sedang dalam program diet.

Dilansir dari laman Live Strong, berikut ini adalah alasan-alasan yang menjelaskan lebih lanjut mengapa makanan pedas baik dikonsumsi saat diet.

1. Mengurangi nafsu makan

Dalam sebuah studi di British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan pedas cenderung akan makan lebih sedikit pada jam makan berikutnya. Hal ini juga diperkuat pernyataan dari International Journal of Obesity yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung capsaicin dapat mengurangi asupan kalori hingga 16 persen.

Baca juga: Tak Hanya Bikin Makin Nikmat, Makanan Pedas Juga Punya 6 Manfaat Untuk Tubuh

2. Mempercepat proses metabolisme

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa bahan makanan yang mengandung capsaicin dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 8 persen dengan menaikkan suhu tubuh, menyebabkan kamu dapat membakar kalori setelah makan.

3. Mampu meningkatkan pemakaian energi tubuh

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi zat capsaicin memicu pemakaian energi hingga 20 persen yang menyebabkan keseimbangan energi dalam tubuh berkurang. Untuk mengembalikan keseimbangan tersebut, oksidasi (yang akan diubah ke energi) jadi meningkat sehingga mendorong pembakaran lemak lebih banyak.

(fzh)

  • HOT !
    Berpuasa memang dapat diartikan dengan tidak makan dan minum seharian. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menggunakan momen puasa sebagai program menurunkan berat badan atau yang lebih dikenal dengan diet....
  • HOT !
    Meski telah banyak acara atau pun festival kekinian yang digelar di Negeri Gingseng, tapi jangan lupakan pula festival yang telah digelar sejak lama karena tak kalah menarik dan mempesona. Terutama soal alam, Korea Selatan juga memiliki pemandangan yang cantik, bahkan untuk ‘dinikmati’ di malam hari....
  • HOT !
    Kurma memang menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk disantap saat buka puasa. Selain karena manis, makanan ini juga diketaui sebagai makanan kegemaran dari Nabi. Namun, selain dapat dimakan langsung, kurma juga dapat dimodifikasi jadi sajian lain, lho!...
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)