SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diberi Nama 'Woolim', Korea Utara Buat Tablet Android yang Dipantau Ketat Pemerintah

Kamis, 05 Januari 2017 10:30 by zia92 | 3201 hits
Diberi Nama 'Woolim', Korea Utara Buat Tablet Android yang Dipantau Ketat Pemerintah
Image source: Tech Times

DREAMERS.ID - Dikenal sebagai negara yang tertutup tak membuat Korea Utara tak bersentuhan sama sekali dengan teknologi. Negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut baru-baru ini dikabarkan telah merilis perangkat tablet berbasis Android.

Diberi nama ‘Woolim’, komputer tablet ini terlihat normal sama seperti perangkat Android pada umumnya. Namun sangat berbeda dengan imej Android yang terbuka dan bisa dioprek atau disesuaikan oleh pengguna, tablet milik Korut ini sudah dimodifikasi agar sesuai dengan negara tersebut.

Melansir dari laporan Antara, Woolim dibuat oleh perusahaan asal Tiongkok, Hoozo. Demi keamanan negara, Pemerintah Korut menghilangkan komponen komunikasi radio sehingga perangkat tersebut tidak memiliki chip Wi-Fi dan Bluetooth.

Pengguna hanya dapat tersambung ke intranet milik pemerintah, bernama "Gwangmyeong". Koneksi tersebut sudah lulus sensor pemerintah dan berisi propaganda, termasuk untuk sambungan hiburan maupun pendidikan.

Baca juga: Samsung Jual Galaxy Note 7 Rekondisi dengan Nama Baru dan Harga Lebih Murah

Seperti tak ada privasi, pemerintah memantau ketat aktivitas berselancar para pengguna Woolim. Mereka dapat mengetahui karena setiap beberapa waktu perangkat tersebut akan mengambil screenshot. Tablet juga akan mengambil dan mengirimkan screenshot ke server setiap kali ada aplikasi yang diluncurkan di Korut.

Pengguna tidak dapat memasang aplikasi tambahan selain bawaan dari Woolim karena operating system terkunci dan tidak dapat diubah. Hanya aplikasi yang disetujui pemerintah Korea Utara dapat dipasang di perangkat tersebut, seperti aplikasi pendidikan, kamus, permainan kartu dan Talking Tom cat. Selain itu, Korea Utara juga memblokir materi video tidak bersertifikat.

Biaya pembuatan tablet Woolim sekitar 170 dolar per perangkat dan diperkirakan dijual dengan harga lebih tinggi sehingga hanya kalangan berduit yang mampu membelinya. Penghasilan bulanan pekerja di Korea Utara sekitar 40-75 dolar.

(fzh/Image: Vice)

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Kegiatan memotret wajah sendiri atau lebih dikenal dengan selfie saat ini bisa dibilang telah menjadi gaya hidup, bahkan menjadi hobi untuk banyak orang dengan berbagai alasan. Namun, kegiatan ini ternyata tak hanya digandrungi oleh manusia saja, lho!...
  • HOT !
    Dukungan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dan menjadi penting karena bisa memberikan semangat dan energi pada saat seseorang mengalami keadaan sulit. Begitu pula yang dilakukan dengan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menjelang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018....
  • HOT !
    Tampaknya Timnas Indonesia U 22 sudah siap melawan pesaing panasnya, Malaysia, dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia U 23 edisi 2018 yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Rabu besok (19/7)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SyafiraPD
Cast : Suho , Chorong, beberapa kpop idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)