home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul Akibat Polesan Cat Kuku!

Rabu, 28 Desember 2016 12:00 by fzhchyn | 2809 hits
Berbagai Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul Akibat Polesan Cat Kuku!
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Tak hanya riasan wajah, sebagian wanita juga memperhatikan hal-hal kecil seperti mengurus dan merawat kecantikan kuku. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat kuku cantik adalah dengan memakai kuteks atau nail polish.

Saat ini, penggunaan cat kuku tidak hanya terbatas dengan pewarnaan biasa saja tapi juga memiliki desain yang lucu dan unik atau yang disebut nail art. Namun dibalik keindahannya, penggunaan nail polish ini juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan lho.

Dilansir dari laman Bold Sky, kandungan bahan kimia yang terdapat dalam cat kuku bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti berikut.

1. Iritasi
Formaldehyde adalah bahan kimia yang membuat lengket kosmetik. Dan bahan tersebut yang ada dalam cat kuku bisa membuat kulit iritasi bahkan lebih parah jika seseorang memiliki alergi.

2. Kemerahan
Zat bernama phthalates dalam cat kuku ini membuat cat kuku lebih tahan terhadap keretakan. Namun jika zat ini bersentuhan langsung dengan mata atau mulut, akan menyebabkan iritasi dan kemerahan. Bahan kimia ini juga bisa membuat infeksi pada hidung dan tenggorokan.

Baca juga: Selain Remover, Ini 5 Cara Mudah dan Murah Menghapus Cat Kuku

3. Sakit kepala
Zat kimia lainnya yang ada dalam kuteks adalah toluene. Zat inilah yang membuat kuteks lebih halus. Namun efek dari paparan zat ini bisa menyebabkan sakit kepala, masalah kulit, bahkan bisa berakibat pada ginjal dan hati.

4. Pusing
Jika cat kukumu menghasilkan warna yang mengkilap alias glossy, mungkin di dalamnya terkandung zat kimia camphor. Jika dicampur dalam jumlah yang besar, zat ini bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala juga.

5. Gatal
Saat membersihkan kuku dengan nail remover, ada zat kimia yang bernama aceton. Semakin sering seseorang mengganti warna kuku maka semakin sering pula orang tersebut menggunakan nail remover. Zat aceton yang sering mengenai kulit itu bisa menyebabkankan gatal bahkan bengkak.

Mewarnai kuku memang cantik tapi jangan terlalu sering melakukannya. Dan cobalah untuk memakai produk dengan kualitas yang bagus. Selain itu, saat selesai mewarnai kuku, celupkan tangan ke air dingin karena hal itu bisa membuat kuteks cepat kering sehingga zat kimia berbahaya tak menyebar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)