home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Ini Alasan Orang Lebih Suka Mendengarkan Lagu Mellow Saat Bad Mood

Selasa, 27 Desember 2016 14:20 by fzhchyn | 3189 hits
Terungkap, Ini Alasan Orang Lebih Suka Mendengarkan Lagu Mellow Saat Bad Mood
Image source: lifewire.com

DREAMERS.ID - Saat perasaan sedang terpuruk atau sedih, jenis musik apa yang biasanya kamu dengarkan? Dibandingkan lagu upbeat, mendengarkan musik-musik dengan irama yang lebih lambat dan cocok dengan suasana hati yang melankolis ternyata lebih ampuh mengusir bad mood lho!

Sebuah studi menunjukkan bahwa musik yang sedih sebenarnya membantu pendengarnya merespon dengan perasaan yang positif. Para peneliti di Freie Universitas Berlin melakukan survei kepada lebih dari 70 orang dewasa untuk mencari seberapa sering dan dalam situasi seperti apa mereka mendengarkan musik sedih.

Peneliti juga bertanya kepada para partisipan tentang jenis emosi apa yang sering ditimbulkan saat mendengarkan musik sedih.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa setelah mendengarkan lagu mellow, tidak ada kerugian atau tekanan yang dirasakan. Yang ada, partisipan justru mengalami simpati dan memiliki perasan yang sama dengan si penyanyi.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Yang mengejutkan adalah dari data yang dihasilkan, kebanyakan orang merasa bahwa musik yang sedih dapat membuat seseorang terhibur saat mengalami masalah percintaan. Bahkan mereka mengatakan bahwa musik sedih membantu mereka mengatur suasana hati yang buruk.

Tidak peduli dalam keadaan seperti apapun, saat seseorang mulai mendengarkan musik sedih, akan memiliki efek positif pada suasana hati. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology menemukan bahwa musik sedih justru mendorong emosi romatis, dan bukannya kesedihan.

“Jika musik sedih menimbulkan emosi yang tidak menyenangkan, kita pasti tidak akan mendengarkannya,” tulis para peneliti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)