home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jatuhkan Ponsel Dalam Pesawat Picu Ledakan, Mitos Atau Fakta?

Senin, 12 Desember 2016 23:00 by reinasoebisono | 3184 hits
Jatuhkan Ponsel Dalam Pesawat Picu Ledakan, Mitos Atau Fakta?
Image source: CNN Travele

DREAMERS.ID - Ada beberapa isu yang kerap menghantui penumpang pesawat tentang menaiki moda transportasi udara tersebut. Salah satunya adalah menyalakan telepon genggam yang bisa menyebabkan terganggunya sinyal pesawat.

Namun beberapa isu yang belakangan merebak adalah tak sengaja menjatuhkan ponsel di dalam kabin bisa menyebabkan meledaknya pesawat tersebut. Benarkah? Padahal menjatuhkan ponsel sejatinya adalah hal biasa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ada benar dan tidaknya. Karena Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia atau CASA telah mengeluarkan peringatan jika ponsel pintar atau smartphone yang jatuh ke mekanisme kursi pesawat bisa hancur.

Baca juga: Heboh, 4 Anak Berhasil Bertahan Hidup di Hutan Amazon Pasca Kecelakaan Pesawat Cessna 206!

Dan lebih lanjut, ada kemungkinan jika baterai lithium di ponsel itu memanas hingga memicu kebakaran. Melansir News.com.au via Liputan6, kebakaran baterai adalah salah satu penyebab banyaknya pendaratan darurat, termasuk penerbangan Qantas dari Sydney ke Los Angeles Juni lalu.

Kronologinya, ada sebuah ponsel jatuh dan hancur ketika penumpang lain memundurkan kursi. Saat hendak dinyalakan, ponsel tersebut justru meledak dan terbakar, bruntung para kru kabin mampu memadamkannya.

Dengan bertambahnya insiden serupa, tak hanya smartphone namun benda seperti baterai portable atau cadangan juga sebaiknya tidak dibawa ke dalam kabin. Selain baterai, hoverboard juga masuk dalam daftar baru benda yang membahayakan penerbangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)