SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anjuran Minum 8 Gelas Air dan Tips Kesehatan Lainnya yang Ternyata Mitos Belaka

Sabtu, 18 Maret 2017 15:00 by zia92 | 6582 hits
Anjuran Minum 8 Gelas Air dan Tips Kesehatan Lainnya yang Ternyata Mitos Belaka
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Kita pasti sering mendengar atau membaca tips-tips kesehatan yang beredar melalui media cetak atau digital. Tips tersebut biasanya diciptakan berdasarkan penelitian atau pengalaman. Tapi ada saja yang mungkin selama ini kita anggap benar tetapi nyatanya salah.

Melansir laman Women’s Health Mag, berikut adalah tips kesehatan yang ternyata tidak tepat dan merupakan mitos belaka.

1. Harus minum air putih 8 gelas per hari

Mengkonsumsi air (H2O) memang diperlukan untuk tubuh sehingga bisa mencegah flu, membuat kenyang, dan energi tubuh terus ada. Tapi delapan gelas per hari adalah kesalahan. “Mendapatkan cukup air bukan hanya tentang meminum dari gelas, tapi juga termasuk semua air yang terkandung dalam makanan dan minuman (lain) yang dikonsumsi,” kata Maggie Moon, R.D., seorang nutrisionis asal Los Angeles.

2. Sakit kalau rambut tidak dikeringkan sebelum keluar rumah

Kita pasti sering mendengar hal ini dari orang tua. Keluar rumah dalam keadaan rambut yang masih agak basah mungkin akan membuat kita sedikit kedinginan apalagi jika cuaca di luar sedang berangin, tapi hal itu tidak membuat kita sakit seperti terserang flu.

“Satu-satunya cara kita bisa terserang pilek atau flu adalah jika kita berkontak dengan virus-virus yang bisa menyebabkan flu tersebut,” kata Holly Phillips, M.D, seorang dokter di Women’s Health.

3. Harus buang air besar sehari sekali

Beberapa dari kita pasti pernah mendengar bahwa dalam satu hari, minimal kita harus buang air besar (bab) sekali. Tapi nyatanya frekuensi untuk bab setiap orang itu berbeda-beda tergantung dari asupan cairan, serat, dan makanan yang dikonsumsi.

4. Perlu tidur 8 jam saat malam hari

Seperti halnya aturan minum 8 gelas air setiap hari, jumlah waktu tidur yang diperlukan setiap orang juga berbeda-beda. National Sleep Foundation menganjurkan orang dewasa untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam agar fungsi tubuh bisa bekerja dengan baik.

Tapi beberapa orang mengaku fungsi tubuhnya bisa bekerja dengan baik meski hanya tidur selama 5-6 jam per malam.

5. Harus menggunakan sabun antibakteri dan sanitizer

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Antimicrobial Chemotherapy, para peneliti ‘mengadu’ sabun biasa dengan sabun antibakteri terhadap 20 jenis bakteri. Hasilnya, para peneliti mengatakan bahwa tidak perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

(fzh)

Komentar
CONTACT US
Informasi pemasangan iklan: sales@dreamers.id
Enquiries: info@dreamers.id
  • HOT !
    Dreamers, kapan terakhir kali kamu membaca buku atau paling tidak sepotong artikel dalam majalah? Mungkin saat ini lebih banyak orang yang memilih membaca berita atau informasi melalui media sosial dan Internet....
  • HOT !
    Popularitas salah satu komik karya anak bangsa yang berjudul ‘Si Juki’ ternyata mampu menarik perhatian dunia, khususnya negeri ginseng, Korea Selatan. Komik komedi karangan komikus Faza Meonk itu dinobatkan sebagai duta pariwisata!...
  • HOT !
    Masih lekat di ingatan, beberapa bulan yang lalu, salah satu aktor populer Korea, Park Bo Gum akhirnya mengunjungi Indonesia dengan gelaran acara fanmeeting. Acara yang digelar di Kota Kasablanka itu pun terbilang sukses mendatangkan penggemar dari aktor melejit karena berperan di drama ‘Moonlight Drawn by Clouds’ tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Lay EXO, Eunji A-Pink, Kris Exo, and other

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)