SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anjuran Minum 8 Gelas Air dan Tips Kesehatan Lainnya yang Ternyata Mitos Belaka

Sabtu, 18 Maret 2017 15:00 by zia92 | 6708 hits
Anjuran Minum 8 Gelas Air dan Tips Kesehatan Lainnya yang Ternyata Mitos Belaka
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Kita pasti sering mendengar atau membaca tips-tips kesehatan yang beredar melalui media cetak atau digital. Tips tersebut biasanya diciptakan berdasarkan penelitian atau pengalaman. Tapi ada saja yang mungkin selama ini kita anggap benar tetapi nyatanya salah.

Melansir laman Women’s Health Mag, berikut adalah tips kesehatan yang ternyata tidak tepat dan merupakan mitos belaka.

1. Harus minum air putih 8 gelas per hari

Mengkonsumsi air (H2O) memang diperlukan untuk tubuh sehingga bisa mencegah flu, membuat kenyang, dan energi tubuh terus ada. Tapi delapan gelas per hari adalah kesalahan. “Mendapatkan cukup air bukan hanya tentang meminum dari gelas, tapi juga termasuk semua air yang terkandung dalam makanan dan minuman (lain) yang dikonsumsi,” kata Maggie Moon, R.D., seorang nutrisionis asal Los Angeles.

2. Sakit kalau rambut tidak dikeringkan sebelum keluar rumah

Kita pasti sering mendengar hal ini dari orang tua. Keluar rumah dalam keadaan rambut yang masih agak basah mungkin akan membuat kita sedikit kedinginan apalagi jika cuaca di luar sedang berangin, tapi hal itu tidak membuat kita sakit seperti terserang flu.

“Satu-satunya cara kita bisa terserang pilek atau flu adalah jika kita berkontak dengan virus-virus yang bisa menyebabkan flu tersebut,” kata Holly Phillips, M.D, seorang dokter di Women’s Health.

Baca juga: Inilah Jalur Mudik yang Rawan dan Dipercaya Penuh Mitos di Pulau Jawa

3. Harus buang air besar sehari sekali

Beberapa dari kita pasti pernah mendengar bahwa dalam satu hari, minimal kita harus buang air besar (bab) sekali. Tapi nyatanya frekuensi untuk bab setiap orang itu berbeda-beda tergantung dari asupan cairan, serat, dan makanan yang dikonsumsi.

4. Perlu tidur 8 jam saat malam hari

Seperti halnya aturan minum 8 gelas air setiap hari, jumlah waktu tidur yang diperlukan setiap orang juga berbeda-beda. National Sleep Foundation menganjurkan orang dewasa untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam agar fungsi tubuh bisa bekerja dengan baik.

Tapi beberapa orang mengaku fungsi tubuhnya bisa bekerja dengan baik meski hanya tidur selama 5-6 jam per malam.

5. Harus menggunakan sabun antibakteri dan sanitizer

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Antimicrobial Chemotherapy, para peneliti ‘mengadu’ sabun biasa dengan sabun antibakteri terhadap 20 jenis bakteri. Hasilnya, para peneliti mengatakan bahwa tidak perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masih lekat di ingatan ketika Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengunjungi Indonesia dan berlibur di Bali hingga seminggu menghabiskan dana ratusan miliar. Betapa tidak, dirinya memboyong 1.500 orang bersamanya....
  • HOT !
    Majalah Playboy Edisi Korea akhirnya rilis dan dapat ditemui di rak rak toko buku lokal pada Senin (21/8). Konten majalahnya sendiri mencakup berbagai topik, mulai dari selebriti, isu sosial dan politik, hingga gaya hidup....
  • HOT !
    Smartphone teranyar Samsung Galaxy S8 tercatat sebagai ponsel Android terlaris di kuartal kedua tahun 2017. Berdasarkan hasil riset dari Strategy Analytics, pengiriman Galaxy S8 mencapai 10,2 juta unit. Jika digabungkan dengan pengiriman Galaxy S8+, total pengapalan kedua ponsel tersebut menyentuh angka 19 juta unit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)