home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Rilis PhotoScan, Aplikasi Sederhana Ubah Foto Jadul Jadi Digital

Jumat, 18 November 2016 19:00 by fzhchyn | 2713 hits
Google Rilis PhotoScan, Aplikasi Sederhana Ubah Foto Jadul Jadi Digital
Image source: mashable.co

DREAMERS.ID - Sebelum orang bisa dengan mudah mengambil gambar dengan smartphone dan kamera digital seperti saat ini, mungkin beberapa puluh tahun lalu kita masih memanfaatkan kamera yang berisi film dan perlu mencetaknya terlebih dulu untuk melihat hasilnya.

Nah untuk membantu orang-orang dalam menyimpan foto fisik tersebut, Google pun merilis sebuah aplikasi bernama PhotoScan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bekerja seperti mesin scan atau scanner yang bisa dipakai secara mobile di mana pun dan kapan pun.

Karena seperti yang diketahui, foto fisik memiliki risiko hilang atau rusak. "Foto fisik bisa terbakar, terbawa banjir, dan dicuri. Setiap hari kualitas gambarnya juga makin kabur," kata Product Development Google, David Lieb, mengutip The Verge.


Image source: Google

Aplikasi PhotoScan sudah bisa dinikmati oleh pengguna perangkat Android dan iPhone dengan mengunduhnya di toko aplikasi masing-masing. Setelah ter-install, pengguna pun bisa dengan mudah men-scan foto tanpa harus sign-up karena sudah tersinkron dengan akun Google.

Saat aplikasi dibuka, hanya ada laman kamera beserta tombol pemindainya untuk memindai foto fisik. Tak cuma untuk foto, pengguna juga tentunya bisa memindai dokumen penting lainnya, seperti paspor atau KTP.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Caranya, cukup memposisikan foto atau dokumen di kotak pemindai PhotoScan di layar aplikasi, lalu tekan tombol pemindai di layar sebelah bawah. Aplikasi akan memunculkan empat bulatan putih yang harus dibidik satu-satu oleh lensa kamera. Tiap membidik satu bulatan, pengguna harus menunggu hingga bulatan itu terisi penuh dengan warna biru.

Setelah itu PhotoScan akan memproses gambar dan kita bisa melihat hasilnya dengan menekan ikon di samping kanan tombol pembidik. Menurut laporan Kompas, PhotoScan akan secara otomatis memotong, merotasi, dan mengoreksi warna objek yang dipindai.

Jika sudah selesai, pengguna bisa menyimpan hasil scan itu ke Google Photos dengan opsi yang ditawarkan PhotoScan. Tentu saja, kamu juga bisa memilih untuk menyimpan foto hanya di galeri smartphone, atau langsung membaginya ke akun media sosial.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)