SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Berbagai Jenis Rasa Lapar dan Cara Tepat Mengatasinya

Jumat, 18 November 2016 10:20 by zia92 | 1922 hits
Kenali Berbagai Jenis Rasa Lapar dan Cara Tepat Mengatasinya
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Bagi kebanyakan orang, rasa lapar adalah sebuah misteri yang sulit dipecahkan. Terkadang kita masih merasa lapar meskipun sudah mengkonsumsi makanan berat dalam waktu yang mungkin belum terlalu lama.

Membedakan rasa lapar karena memang butuh asupan makanan dengan lapar hanya karena nafsu semata memang sulit dibedakan. Untuk itu, akan lebih baik bila kita mengenali jenis rasa lapar agar dapat mengendalikannya, seperti yang dilansir dari laman Health berikut.

1. Lapar sesungguhnya

Menurut Susan Albers, PysD, penulis EatQ, rasa lapar yang sebenarnya bisa menyebabkan perubahan kondisi tubuh seperti menurunkan gula darah, menyebabkan sakit kepala, tidak berenergi, atau perut berbunyi.

Sayangnya, banyak orang menunggu hingga rasa lapar datang menghampiri. Barulah setelah itu menyantap makanan dengan porsi yang besar, atau yang biasa disebut ‘kalap’. Nah, untuk mengatasinya, sediakanlah camilan sehat di tas atau laci meja kerja.

2. Lapar saat menonton TV

Dalam American Journal of Clinical Nutrition disebutkan bahwa makan sembil melakukan aktivitas lain, termasuk menonton TV membuat kita mengasup kalori lebih banyak. Solusinya, carilah kegiatan lain untuk menyibukkan tangan. Selain itu, gantilah ke saluran TV lain ketika muncul sebuah iklan makanan, hal ini dapat menekan nafsu kita untuk makan.

3. Lapar karena bosan

Baca juga: Ternyata Ada 'Pantangan' Makanan untuk si Pemilik Kulit Kering

Tidak tahu harus melakukan apa saat rasa bosan menyergap bisa memicu seseorang lebih sering memeriksa dapur atau kulkas. Untuk itu, carilah aktivitas yang disukai saat rasa bosan itu tiba seperti membaca buku atau sekadar bermain bersama hewan peliharaan.

4. Lapar di sore hari

Menjelang sore hari biasanya energi akan menurun. Namun, kita harus tetap berkonsentari hingga akhir jam kerja. Nah, untuk mengatasinya, siapkanlah camilan sehat yang mendangdung protein tinggi. Seperti kacang, keju, atau yoghurt. Camilan berprotein ini membantu tubuh tahan terhadap lapar hingga makan malam.

5. Lapar karena stres

Stres cenderung membuat seseorang tak menjadi pemilih terhadap makanan sehingga sembarangan dalam memilih makanan. Cara mengatasi hal ini bukan pada makanan melainkan bagaimana mengusir stres itu sendiri dengan olahraga atau meditasi.

6. Lapar mata

Ini adalah jenis lapar yang paling banyak dialami orang. Sebelum mengambil makanan karena menarik mata, pikirkan lagi apakah makanan tersebut benar-benar akan dimakan atau tidak. Jika porsinya sedikit mungkin tidak masalah, namun ijka terus menerus dilakukan, hal ini dapat berpotensi menaikkan berat badan.

(fzh)

  • HOT !
    Tak hanya cabin crew terbaik atau maskapai paling on time, tapi Skytrax juga kerap memberikan penghargaan kepada maskapai dengan kabin pesawat yang paling bersih. Dan ada hasil mengejutkan di ajang Skytrax World Airlines Awards 2019....
  • HOT !
    Program variety Korea tvN ‘Kang’s Kitchen 2’ sudah tayang, yang mana menghadirkan suasana restoran yang baru dengan menu baru juga. Tak hanya itu, P.O juga menjadi member baru yang bergabung dan didapuk sebagai juru masak menu baru yaitu Nasi Goreng Kimchi Keju....
  • HOT !
    Kecepatan koneksi internet di Jakarta mungkin lebih ngebut jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia. Namun bukan sebuah rahasia juga jika Jakarta masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kota kota dari negara lainnya di Asia Pasifik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)