home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Bahaya Kesehatan yang Mengintai Jika Terlalu Banyak Tidur

Rabu, 26 Oktober 2016 15:00 by fzhchyn | 2326 hits
Ini Dia Bahaya Kesehatan yang Mengintai Jika Terlalu Banyak Tidur
Image source: fullcirclef

DREAMERS.ID - Biasanya kita selalu diperingatkan mengenai bahaya kurang tidur. Namun ternyata terlalu banyak tidur juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh lho, Dreamers. Meskipun sulit untuk menentukan jumlah waktu tidur yang ‘tepat’, kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

Namun satu hal yang pasti adalah, seseorang yang tidur lebih dari 10 jam per hari memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dari mereka yang tidur 7-8 jam per hari. Hal itu diungkapkan oleh profesor kedokteran spesial tidur di Harvard, Susan Redline, MD, MPH.

Melansir dari laman Prevention, berikut adalah beberapa dampak buruk yang terjadi pada kesehatan bila tidur terlalu lama.

1. Risiko penyakit jantung

Tidur delapan jam atau lebih memiliki kaitan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung. Para peneliti menganalisa data dari lebih dari 3000 orang dan menemukan bahwa orang yang banyak tidur memiliki risiko dua kali lipat terkena angina.

2. Berat badan naik

Orang yang tidur sembilan sampai sepuluh jam sehari memiliki risiko 25 persen mendapat kenaikan berat badan sebanyak 5 kilogram. Hal ini berlandaskan teori yang menyebutkan bahwa terlalu banyak tidur berarti menyebabkan waktu berolahraga yang lebih sedikit. Atau dengan kata lain, semakin banyak tidur, semakin sedikit tubuh bergerak dan membakar kalori di dalam tubuh.

Baca juga: Kata Ahli, Ini Artinya Jika Mimpi Seseorang yang Tidak Terduga

3. Diabetes

Dalam studi kecil dari Quebec, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam lebih mungkin untuk meningkatkan kadar gula darah, sehingga risiko terkena diabetes tipe 2 atau gangguan toleransi glukosa selama periode enam tahun pun semakin tinggi.

4. Sulit konsentrasi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society, tidur yang terlalu lama dapat menyebabkan otak sulit melakukan tugas hariannya, termasuk sulit berkonsentrasi. Tidur lama juga cenderung mengakibatkan seseorang memiliki masalah fungsi mental atau depresi.

5. Bad mood

Dampak buruk yang terjadi pada kesehatan bila tidur terlalu lama yang terakhir adalah memengaruhi suasana hati atau mood. Depresi dan tidur memiliki hubungan yang erat. Sebagian orang mengalami depresi ketika memiliki tidur yang lama. Namun, tidak semua orang yang tidur lebih  lama memiliki depresi klinis.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)