home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Bisa Hidup Tanpa Minum Teh? Ini Dia Dampak Buruknya Bagi Tubuh

Jumat, 23 September 2016 11:00 by fzhchyn | 1528 hits
Tak Bisa Hidup Tanpa Minum Teh? Ini Dia Dampak Buruknya Bagi Tubuh
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi teh sudah menjadi kebiasaan sehari-hari hampir semua orang. Selain air putih, teh menjadi jenis minuman yang banyak dikonsumsi sebagai pendamping makanan. Meski terkesan lebih ringan dari minuman bersoda atau kopi, teh tetap saja memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dampak buruk mengkonsumsi teh ini bisa terjadi saat seseorang sudah tak bisa hidup tanpa meminum teh setiap harinya, atau bisa dikatakan sudah kecanduan teh. Dilansir dari laman Bold Sky, berikut adalah beberapa efek buruknya bagi kesehatan.

1. Gelisah
Sama seperti kopi, teh juga mengandung zat kafein yang bisa menyebabkan kegelisahan, cemas, dan meningkatkan detak jantung. Hal ini bisa berdampak pada masalah gangguan tidur.

2. Gangguan kesehatan ringan
Jika sudah bertahun-tahun kecanduan minum teh, maka ada kemungkinan bagi tubuh untuk timbul gangguan kesehatan ringan seperti sakit kepala, mudah lelah, dan sulit dalam berkonsentrasi.

Baca juga: Ini Resep Teh Hijau Dingin ala Renjun NCT, Enak Banget

3. Penyakit tulang
Teh memiliki kandungan fluoride di dalamnya. Saat kamu minum teh secara berlebihan, maka bisa menyebabkan fluorosis tulang atau penyakit tulang yang disebabkan oleh berlebihnya fluoride.

4. Gagal ginjal
Gagal ginjal juga bisa menjadi efek buruk jika kamu terlalu banyak minum teh. Apalagi jika teh yang dikonsumsi mengandung bahan pemanis atau gula.

5. Sembelit dan mulas
Sebuah bahan kimia yang ada di dalam teh yang disebut dengan teofilin dapat menyebabkan efek dehidrasi di usus yang kemudian menyebabkan sembelit. Selain itu, kandungan kafein di dalam teh akan menghasilkan zat asam yang tidak mudah diserap oleh tubuh dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan di perut. Teh hitam sendiri disarankan untuk tidak dikonsumsi bagi penderita maag.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)