home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Punya Rambut Sehat? Pastikan Kamu Konsumsi Makanan-makanan Ini

Sabtu, 10 September 2016 20:00 by fzhchyn | 5663 hits
Ingin Punya Rambut Sehat? Pastikan Kamu Konsumsi Makanan-makanan Ini
Image source: popsugar.co

DREAMERS.ID - Sama halnya seperti kulit, kondisi rambut juga mencerminkan kesehatan dalam diri seseorang. Sel-sel yang membentuk setiap helai rambut memerlukan pasokan nutrisi secara teratur.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral secara seimbang untuk tetap memiliki rambut yang berkilau dan kuat. Dikutip dari BBC Good Food berikut adalah asupan nutrisi dari makanan yang penting untuk kesehatan rambut.

1. Protein

Seperti rambut yang terbuat dari protein, pastikan untuk memiliki cukup asupan protein untuk rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein akan membuat rambut cenderung kering, rapuh dan lemah. Konsumsi ayam, kalkun, ikan, produk susu dan telur sebagai sumber protein yang sangat baik, serta sumber lain seperti kacang-kacangan.

2. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk rambut, dan kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama rambut rontok karena folikel rambut dan akar diberi makan oleh suplai darah yang kaya nutrisi. Produk hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan memberikan zat besi dengan bioavailabilitas yang tinggi. Sedangkan untuk vegetarian dapat mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

3. Vitamin C

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga makanan yang tinggi akan vitamin C, baik untuk dikonsumsi. Sumber terbaik vitamin C adalah blackcurrant, blueberry, brokoli, jambu biji, kiwi, jeruk, papaya, stoberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang memperkuat kapiler yang memasok poros rambut.

4. Omega-3

Omega-3 ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga menyediakan minyak untuk mejaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Dapatkan omega-3 dari ikan yang mengandung minyak seperti salmon, herring, sarden, trout, dan makarel serta sumber lain seperti alpukat, biji labu, dan kenari.

Baca juga: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

5. Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sebum. Sebum adalah zat berminyak yang diciptakan oleh kelenjar rambut subaceous dan memberikan kondisioner alami untuk kulit kepala yang sehat. Tanpa sebum, mungkin kulit kepala akan gatal dan rambut menjadi kering. Produk hewani dan sayuran berwarna kuning/oranye mengandung betakarotin (pembentuk vitamin A) yang tinggi, seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

6. Seng dan Selenium

Perlindungan kulit kepala melibatkan mineral penting lainnya, terutama seng dan selenium. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok dan kering serta pengelupasan kulit kepala. Sereal dan biji-bijian merupakan sumber zat seng yang baik bersama dengan tiram, daging sapi, dan telur.

7. Vitamin E

Sinar matahari dapat merusak rambut sama halnya seperti dapat merusak kulit, jadi pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin  E untuk memberikan perlindungan kepada rambut. Kacang-kacangan adalah sumber dari segala gizi, menyediakan seng, selenium, dan vitamin E. jadi cobalah memasukkannya sebagai menu diet sehat sehari-hari.

8. Biotin

Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Terlalu sedikit kandungan biotin dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Makanan yang kaya akan biotin adalah biji-bijian, hati, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)