home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gejala Gangguan Jiwa Seperti Skizofrenia dan Bipolar Ternyata Muncul di Usia Remaja

Senin, 01 Agustus 2016 14:00 by zia92 | 2141 hits
Gejala Gangguan Jiwa Seperti Skizofrenia dan Bipolar Ternyata Muncul di Usia Remaja
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Usia remaja menjadi salah satu masa yang paling berharga bagi kebanyakan orang. Seringnya, mereka menyebut usia remaja sebagai masa di mana untuk mencari dan menentukan jati diri, karena saat masa remaja lah seseorang mulai banyak mengetahui dan mencoba banyak hal serta pergaulan pun semakin luas.

Namun sebuah fakta menarik pun terungkap dan menyatakan jika para ahli psikologi mengetahui bahwa pada masa remaja ini merupakan masa ketika beberapa gejala gangguan jiwa, seperti skizofrenia dan bipolar atau kepribadian ganda muncul pada diri seseorang.

Hubungan antara kesehatan mental dengan masa remaja memang tidak jelas, namun dalam sebuah studi terbaru mengungkapkan jika perubahan otak yang terjadi di usia remaja mungkin dapat menjelaskan mengapa usia ini menjadi periode kritis dalam kesehatan mental.

Melansir dari Medical Daily, pemindai MRI pada remaja ternyata menunjukkan bahwa bagian otak (cortex) yang terkait dengan gen skizofrenia berkembang dengan sangat pesat. Ukuran area ini menyusut dan menipis saat seseorang mengakhiri masa remajanya.

Baca juga: Bahaya Polusi Udara Bisa Buat Stres Sampai Niat Ingin Bunuh Diri?

"Masa remaja bisa menjadi periode transisi yang sulit dan ini juga periode gejala-gejala gangguan mental seperti skizofrenia dan depresi pertama kali muncul," kata Ed Bullmore, ketua divisi psikiatri dari Cambridge.

Gejala skizofrenia yang bisa terjadi antara lain ekspresi wajah kosong, tidak bisa tersenyum atau mengeskpresikan emosi, melamun, tidak bersemangat melakukan apa pun, gerakan fisik tampak kikuk, perubahan mood, mudah marah, dan sangat cemas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter dirumorkan tengah mengembangkan layanan berbayar di platform jejaring sosialnya. Berdasarkan lowongan kerja yang diunggah Twitter, perusahaan mencari pegawai untuk tim internal baru bernama ‘Gryphon’ yang sedang membangun platform berlangganan....
  • HOT !
    Pada 9 Juli 2013, BTS resmi menamai fandomnya ARMY. Untuk merayakan tujuh tahun momen tersebut, boy group pun berkolaborasi dengan Samsung untuk merilis ponsel earbuds bertema spesial BTS....
  • HOT !
    Awalnya, WHO mengatakan bahwa manusia hanya dapat terinfeksi corona lewat droplet yang ada di permukaan benda. Namun, baru baru ini para ilmuwan mendesak WHO untuk merevisi rekomendasi soal penularan virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)