SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lelet Hingga Berjerawat, Ini Tanda Kamu Terlalu Banyak Menyantap Makanan Manis

Rabu, 20 Juli 2016 14:27 by zia92 | 1746 hits
Lelet Hingga Berjerawat, Ini Tanda Kamu Terlalu Banyak Menyantap Makanan Manis
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Untuk menjaga mood tetap baik, kita memang butuh asupan gula baik dari makanan atau minuman. Selain itu, menyantap makanan dan minuman manis juga dibutuhkan untuk energi tubuh. Tapi jika terlalu banyak, tentunya hal tersebut justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Namun kadang sulit mengetahui apakah tubuh kita sudah cukup asupan gula atau justru kelebihan. Nah untuk mengetahuinya, ada beberapa ‘sinyal’ yang diberikan tubuh bahwa kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, seperti dilansir dari laman Self berikut.

1. Lelet

Jika kamu merasa malas, lamban atau lelet dalam mengerjakan sesuatu, dan kurang produktif, mungkin penyebabnya adalah karena asupan gula yang berlebih. Memang gula bisa memberikan energi, tapi jika berlebihan justru akan menyebabkan lonjakan insulin dan energi menjadi tidak stabil.

Jadi ketika kita terlalu banyak mengonsumsi gula, gula darah akan semakin tinggi dan menyebabkan pasang-surut energi. Sering mengonsumsi makanan dan minuman bergula, kemungkinan besar disebabkan karena kurangnya konsumsi serat dan protein.

2. Ngidam makanan manis

Terus menerus merasa ingin makan atau ngidam  makanan yang manis juga bisa menjadi tanda kalau tubuh sudah terlalu banyak mengkonsumsi gula. Menurut Brooke Alpert, M.S., R.D., penulis  The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, semakin banyak gula yang kita konsumsi, semakin bertambah pula keinginan kita untuk mengonsumsinya lagi.

Hal ini bukan karena selera atau kurangnya gula pada tubuh. Namun, gula memang dapat membuat kita ketagihan karena kandungan di dalamnya.

Baca juga: Masuk Daftar 'Dessert' Terenak di Dunia, Cendol Justru Diklaim Dari Singapura!

3. Berat badan naik

Kelebihan gula sama halnya dengan kelebihan kalori. Selain itu, kurangnya asupan serat dan protein akan membuat tubuh sulit untuk merasa kenyang. Alhasil, kita akan mengonsumsi makanan lebih banyak.

4. Gigi berlubang

Kerusakan gigi bisa disebabkan dari asam yang dihasilkan bakteri saat ‘menikmati’ partikel makanan di antara gigi-gigi kita. Sebenarnya, hal itu bisa ditangani oleh air liur yang perannya menjaga keseimbangan bakteri di mulut.

Namun, mengonsumsi gula dapat mempengaruhi pH dan merusak ekosistem alami dalam mulut. Akibatnya, kesempatan bakteri untuk berkembang biak akan semakin baik. Lalu, ujung-ujungnya akan membuat banyak rongga di gigi kita yang lama kelamaan akan menyebabkan lubang.

5. Jerawat

Rebecca Kazin, M.D., dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery mengatakan, beberapa orang memiliki kesensitifan yang berbeda-beda terhadap lonjakan insulin dari asupan gula. Nah, lonjakan insulin ini akan memicu hormon lain yang dapat mengakibatkan masalah kulit seperti munculnya jerawat.

(fzh)

  • HOT !
      Setiap orang tentunya menyukai makanan ringan atau yang biasa disebut dengan cemilan. Biasanya orang mengkonsumsi cemilan pada saat nonton tv, berkumpul bersama keluarga dan teman teman, belajar, atau pada saat kapanpun....
  • HOT !
    Bocoran mengenai AirPods generasi terbaru dari Apple kembali muncul. Perangkat tanpa kabel ini kabarnya akan memiliki sertifikasi ketahanan air. Hal ini tentu akan berdampak pada harganya yang semakin mahal....
  • HOT !
    Sepatu merupakan salah satu benda yang mudah kotor, apalagi jika sering digunakan. Agar sepatu menjadi bersih kembali, kerap sekali kita membersihkannya dengan cara mencuci, atau merendam sepatu dengan air dan sabun lalu menjemurnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Rezkyka
Cast : Kim Myun Ji (oc), Lee Jinki, Choi Minho, Jung Yong Hwa, Seo Hyun, Choi Sulli

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)