SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidur Cukup vs Diet Seimbang, Mana yang Lebih Penting Bagi Kesehatan?

Sabtu, 12 Maret 2016 12:00 by zia92 | 2859 hits
Tidur Cukup vs Diet Seimbang, Mana yang Lebih Penting Bagi Kesehatan?
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Gaya hidup modern yang penuh aktivitas membuat pikiran mudah stres dan tubuh malas berolahraga, ditambah asupan makanan yang tak sehat semakin menambah resiko penyakit berat di usia muda. Tapi ternyata hal itu dapat dihindari dengan memperhatikan kualitas tidur.

Dilansir dari laman Genius Beauty, setiap orang hampir mengesampingkan kualitas tidur dalam kehidupan sehari-hari. Padahal sebuah studi terbaru melaporkan kalau kualitas tidur yang baik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan setiap manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Inggris menyimpulkan bahwa hal yang terpenting untuk mendapatkan tubuh sehat adalah kualitas tidur yang cukup.

Para ilmuwan menjelaskan, perlu memperhatikan semua faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, masih ada faktor yang lebih penting yakni kualitas tidur yang dipunyai oleh seseorang. “Ini adalah faktor yang cepat berpengaruh terhadap kesehatan dibanding diet seimbang,” ungkap peneliti.

Baca juga: Peringati Hari Tidur Sedunia, Penelitian Ungkap Orang Semakin Kurang Tidur

Pasalnya, tidur mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Tidak adanya tidur yang optimal pada akhirnya akan mengarah pada obesitas bahkan jika kamu memiliki diet yang benar-benar tepat sekalipun.

Kebiasaan tidur yang buruk juga membuat kerusakan pada regulasi metabolisme tubuh. Menurut penelitian baru dari Belanda, para peneliti menemukan bahwa dengan hanya tidur empat jam dalam sehari, kadar insulin pada tubuh turun hingga 25 persen. Resistensi insulin dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Tidur terlalu sedikit  atau terlalu banyak juga akan menimbulkan timbunan lemak pada perut pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Waktu tidur yang kurang dari lima jam atau lebih dari delapan jam dapat menyebabkan akumulasi lemak perut yang lebih besar atau visceral lemak.

Jadi dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan bekualitas, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih baik. Hal ini sangat penting untuk tubuh dalam mencerna segala nutris yang didapat dari makanan yang dikonsumsi.

  • HOT !
    Emoji dikatakan sebagai bahasa dengan perkembangan tercepat dunia. Sekarang dengan lebih dari 2.800 simbol, popularitas emoji belum menunjukkan tanda tanda penurunan saat semua fans di seluruh dunia merayakan World Emoji Day atau Hari Emoji Sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Juli....
  • HOT !
    Umumnya, orang orang memilih untuk menggunakan warna hitam pada saat membeli eyeliner. Namun, semakin berkembangnya tren make up, warna warna eyeliner sangat beraneka ragam, seperti warna putih....
  • HOT !
      Setiap orang tentunya menyukai makanan ringan atau yang biasa disebut dengan cemilan. Biasanya orang mengkonsumsi cemilan pada saat nonton tv, berkumpul bersama keluarga dan teman teman, belajar, atau pada saat kapanpun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)