home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Data Bocor, Nomer Ponsel Hingga Rute Perjalanan Pengguna GO-JEK Bisa Diintip!

Kamis, 21 Januari 2016 15:07 by fzhchyn | 2245 hits
Data Bocor, Nomer Ponsel Hingga Rute Perjalanan Pengguna GO-JEK Bisa Diintip!
Image source: GO-JEK

DREAMERS.ID - Belakangan ini mencuat kabar bahwa data pengguna jasa layanan transportasi yang tengah booming, GO-JEK diklaim tidak aman. Akibat bug (celah keamanan) yang dimiliki aplikasi tersebut, data penggunanya ternyata bisa diintip!

Seperti dilaporkan laman Kompas, data sensitif milik pelanggan dan pengemudi GO-JEK, seperti nama, alamat, nomor telepon, koordinat, dan tujuan, masih bisa diakses dari API endpoint yang dimiliki GO-JEK.


Image source: kompas.com

Kebocoran data ini makin memuncak karena disinyalir sudah banyak pihak yang bisa mengintip, bahkan menyedot seluruh data pengguna dan pengendara GO-JEK tersebut.  Menurut pengamat teknologi sekaligus Direktur Eksekutif ICT Watch, Donny Budi Utoyo, kebocoran data pada aplikasi Go-Jek sudah gawat dan tidak bisa ditoleransi lagi.

Pasalnya, menurut pria yang akrab disapa Donny BU itu, bukan hanya data pribadi pengguna yang bocor, melainkan juga perilaku atau behaviour mereka. "Kalau GO-JEK masalahnya bukan hanya data pribadi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon, melainkan juga siapa ke mana, lewat mana, dan beli apa," kata Donny.

Baca juga: Permudah Pemesanan, Gojek Kenalkan 3 Layanan Baru di Aplikasi

Menanggapi hal ini, CEO GO-JEK Nadiem Makarim mengklaim dalam keterangan tertulis bahwa pihaknya telah membenahi dan menyelesaikan hampir semua bug di aplikasi GO-JEK, walau belum 100 persen sempurna.

"Keamanan data selalu menjadi prioritas utama kami. Demi keamanan dan kenyamanan para pelanggan, GO-JEK akan terus melakukan penyempurnaan terhadap sistem layanan kami," kata Nadiem.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ramyun Korea kini menjadi makanan yang tidak hanya digemari oleh orang Korea, tetapi juga orang orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Brand K beauty inovatif UIQ akan secara resmi diluncurkan di Indonesia melalui acara ‘UIQ Universe in Jakarta: RIIZE Fansign Event & Beauty Talk Show’ di Lippo Mall Puri pada 1 September 2024....
  • HOT !
    Setelah digelar sejak 18 Mei 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan pemenang dari ajang pencarian penyanyi berbakat “Kejar Mimpi Rising Start”....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)