SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Mayoritas Usia Produktif

Selasa, 01 Desember 2015 18:00 by zia92 | 1889 hits
Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Mayoritas Usia Produktif
Image source: huffingtonp

DREAMERS.ID - Penyakit HIV/AIDS sepertinya masih menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat di dunia. Bagaimana tidak, virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini belum bisa disembuhkan dengan pengobatan apapun.

Human Immunodeficiency Virus atau yang biasa disebut HIV ini membuat tubuh tidak memiliki pertahanan alami untuk melawan penyakit lain yang seharusnya tidak berbahaya bagi tubuh, dan perlahan-lahan menggerogoti pengidapnya hingga menemui ajal.

Untuk memberikan edukasi dan kewaspadaan penduduk dunia akan HIV/AIDS, setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Tidak hanya membuat masyarakat untuk melawan penyakit ini, tapi Hari AIDS Sedunia juga dilakukan untuk memberikan dukungan bagi mereka yang mengidap HIV/AIDS atau biasa disebut ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

Di Indonesia, masalah HIV/AIDS ini juga menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah dan lembaga-lembaga terkait. Apalagi sebagian besar penderita HIV/AIDS di Indonesia merupakan dewasa muda yang masih berada di usia produktif.

Berdasarkan laporan yang diberikan Kementrian Kesehatan RI, dalam triwulan pertama (Januari-Maret) 2015, jumlah infeksi HIV yang dilaporkan sebanyak 7.212 orang dengan presentase tertinggi pada kelompok umur 25-49 tahun sebanyak 70,6%. Diikuti kelompok umur 20-24 tahun (15,9%) dan kelompok umur di atas 50 tahun (6,6%).

Baca juga: Temuan Mengejutkan Video 'Gangbang' Garut Tunjukkan Pelaku Idap HIV!

Sedangkan untuk kasus AIDS dilaporkan sebanyak 595 orang dengan presentase tertinggi pada kelompok umur 30-39 tahun (37,8%), diikuti kelompok umur 20-29 tahun (32,2%) dan kelompok umur 40-49 tahun (11,5%).

Jika dibandingkan antara pria dan wanita, data menunjukkan bahwa jumlah pria yang mengidap AIDS masih lebih banyak jika dibandingkan wanita dengan rasio 2:1.

Hubungan seks masih menjadi faktor tertinggi akan risiko terkena AIDS dengan presentasi 79% pada heteroseksual, 9,1% pada homoseksual, 5,5% pada pengguna jarum suntik tidak steril pada pengguna narkotika suntik (penasun), dan 3% pada ibu positif HIV ke anak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Korea Selatan dan sejumlah negara saat ini sudah memasuki musim dingin. Tren gaya busana pun berganti menjadi serba tertutup. Apabila kamu akan mengunjungi negara negara dengan musim dingin, bisa mengikuti airport fashion dari sederet seleb Korea ini....
  • HOT !
    Natal merupakan salah stau hari raya yang paling dinantikan oleh umat kristiani di seluruh dunia. Memandang pohon pohon yang dihiasi oleh pernak pernik natal, dan mendengarkan lagu natal di sepanjang jalan memang sesuatu yang menggembirakan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)