SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Merusak Gigi, Ternyata Minum Teh Bisa Buat Gigi Kuat

Senin, 30 November 2015 16:04 by zia92 | 2334 hits
Dianggap Merusak Gigi, Ternyata Minum Teh Bisa Buat Gigi Kuat
Image source: powerbeauty

DREAMERS.ID - Ada anggapan bahwa mengkonsumsi teh itu tidak baik untuk kesehatan gigi, karena kandungan kafeinnya yang bisa menciptakan noda pada gigi. Selain itu, tambahan gulanya juga bisa membuat gigi mengalami kerusakan.

Tapi ternyata minumat tradisional ini justru dapat memperkuat gigi lho. Seperti dilansir CNN, sebuah penelitian terhadap 49 kantong teh menemukan bahwa minum sekitar empat cangkir teh sehari dapat memberikan asupan harian flouride yang direkomendasikan. Flouride sendiri merupakan zat yang dapat memperkuat email gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Nutrition Bulletin tersebut menyatakan bahwa satu cangkir teh hitam mengandung sekitar 1,18 miligram fluoride. Dan teh campuran bebas kafein memiliki kandungan fluoride tertinggi dalam studi ini. 

Penulis penelitian Carrie Ruxton mengatakan bahwa mengganti minuman bergula dengan teh dapat meningkatkan kesehatan gigi. “Meningkatkan konsumsi teh dapat membantu seseorang mencapai tingkat optimal fluoride dan melindungi gigi mereka,” katanya.

Baca juga: Imbas Corona, Band GIGI Gelar Konser Tanpa Penonton

Teh merupakan sumber alami fluoride karena tanaman teh menyerap fluoride yang terkandung di tanah. Tingkat flouride daun teh tergantung pada di mana teh ditanam. Negara-negara Afrika seperti Kenya memiliki tanah yang kaya fluoride.

Selain itu, teh juga dapat menyegarkan napas seseorang karena senyawa dalam teh yang disebut flavonoid dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau tak sedap. Penelitian itu juga menunjukkan, setengah kandungan flavonoid dalam konsumsi masyarakat Inggris berasal dari teh.

Penelitian sebelumnya mengatakan, teh hitam dapat memerangi dua jenis bakteri, streptococcus dan lactobacillus, keduanya menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Lokasi wisata populer untuk penggemar musik K Pop khususnya fans dari artis SM Entertainment yaitu SMTOWN Coex Artium, sudah lama dibicarakan akan tutup. Sampai pada akhirnya, SM Entertainment mengeluarkan pengumuman secara resmi....
  • HOT !
    Pandemi Covid 19 tak menghalangi kreativitas untuk berkarya. Baru baru ini supermodel Naomi Campbell melakukan pemotretan sampul majalah dengan cara yang unik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)